UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ratna Juita Ratna Juita Guru SD Negeri 012 Kasang

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i3.4101

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan prestasi matematika, mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar melalui impelementasi pendekatan konstektual serta meningkatkan keaktifan siswa pada kegiatan pembelajaran yang akan membawa peningkatan prestasi belajar melalui impelementasi pendekatan konstektual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas V SDN 012 Kasang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, yaitu siklus I, siklus II dan siklus III yang mana tiap-tiap siklus dilakukan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan kontekstual memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (68,18%), siklus II (77,27%), siklus III (86,36%) dan penerapan pendekatan kontekstual mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan sebagian siswa, rata-rata jawaban siswa menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan pendekatan kontekstual sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

Downloads

Published

2017-10-17