PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN GQGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Erdina Erdina Guru SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4849

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  hasil belajar PKn siswa dengan menerapkan metode pembelajaran GQGA pada siswa kelas I-B SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal Agustus sampai dengan September 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I-B SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan dengan jumlah siswa 32 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Pengumpulan data diambil dari hasil belajar siswa berupa daya serap dan ketuntasan belajar. Daya serap hasil belajar siswa sebelum Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 66.6 meningkat sebesar 10 pada siklus I menjadi 76.6 dan pada siklus II terjadi peningkatan 4.7 menjadi 81.3. Ketuntasan klasikal siswa sebelum PTK adalah 62.5%. Pada siklus I pertemuan 1 sebesar 90.6% dan pada pertemuan 2 sebesar 93.8%. Pada siklus II pertemuan 3 sebesar 96.9% dan pada pertemuan 4 sebesar 100% . Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode GQGA dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas I-B SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Downloads

Published

2018-03-08