PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ruslan Siregar Guru SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4855

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V-D SD Negeri 010 Ratu Sima Dumai Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menganalisis secara deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan September sampai bulan Oktober 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-D yang berjumlah 33 orang siswa terdiri dari 17 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Berdasarkan analisis data yang diperoleh peneliti, hasil belajar siswa sebelum PTK yaitu 72.1. Setelah PTK pada siklus I pertemuan 1 hasil belajar siswa adalah 81.8 dan pada pertemuan 2 sebesar 82.7. Pada siklus II pertemuan 3 hasil belajar siswa 85.2 dan pada pertemuan 4 sebesar 86.9. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-D SD Negeri 010 Ratu Sima Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017.

Downloads

Published

2018-03-08