PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DUPLIKAT, BALING-BALING, PERASUT, DAN PESAWAT MAINAN PADA MATERI PERUBAHAN GERAK AKIBAT PENGARUH UDARA PADA PELAJARAN IPA

Authors

  • Murnawati Murnawati Guru SD Negeri 008 Seberang Pantai Kec. Kuantan Mudik

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4871

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 010 Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 20 siswa. Penggunaan media duplikat, baling-baling, perasut dan pesawat mainan pada materi perubahan gerak akibat pengaruh udara pada pelajaran IPA, penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam memilih kata-kata penting dan membuat kesimpulan suatu cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran pada pelajaran IPA dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 11 orang atau 55% sedangkan pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 14 orang atau 70%. Pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 13 orang atau 65% sedangkan pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 15 orang atau 75%. Dari hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA dan penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Published

2018-03-08