PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DUPLIKAT, BALING-BALING, PERASUT, DAN PESAWAT MAINAN PADA MATERI PERUBAHAN GERAK AKIBAT PENGARUH UDARA PADA PELAJARAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i4.4871Abstract
Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 010 Seberang Pantai Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 20 siswa. Penggunaan media duplikat, baling-baling, perasut dan pesawat mainan pada materi perubahan gerak akibat pengaruh udara pada pelajaran IPA, penggunaan metode diskusi untuk meningkatkan pengetahuan siswa dalam memilih kata-kata penting dan membuat kesimpulan suatu cerita pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil evaluasi pembelajaran pada pelajaran IPA dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 11 orang atau 55% sedangkan pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 14 orang atau 70%. Pada pelajaran Bahasa Indonesia dalam siklus I dengan standar terendah 70, siswa yang memperoleh nilai 70–100 sebanyak 13 orang atau 65% sedangkan pada siklus II dengan standar nilai yang sama, siswa memperoleh nilai 70–100 sebanyak 15 orang atau 75%. Dari hasil evaluasi tersebut dapat disimpulkan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran IPA dan penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia.