TEKNIK PENGURANGAN BERULANG UNTUK MENERAPKAN KONSEP PEMBAGIAN DAN PENGGUNAAN DENAH LOKASI SEBAGAI PENDEKATAN UNTUK MEMBACA PETA

Authors

  • A Asmiati Guru SDN 002 Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5481

Abstract

Pada pelajaran Matematika penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep pembagian dengan menggunakan teknik pengurangan berulang sedangkan pada mata pelajaran IPS penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari peta dengan penggunaan peta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di kelas III SD Negeri 002 Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan beberapa tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik pengurangan pada konsep pembagian di pelajaran Matematika dan penggunaan denah untuk membaca peta di pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dikatakan berhasil karena hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara bertahap dari siklus I ke siklus II pada mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Downloads

Published

2020-06-29