UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN LEMBARAN LATIHAN TERBIMBING

Authors

  • Dessi Yasmita Guru SDN 27 Bantan Air Kec. Bantan Kab. Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5596

Abstract

Pembelajaran matematika sekolah dasar sering menjadi hal yang menyulitkan bagi siswanya. Maka dari itu guru kelas idealnya selalu berupaya untuk mencari cara atau metodeyang tepat agar siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Latihan terbimbing adalah salah satu cara yang cukup efektif membantu siswa dalam memahami materi ajar matematika. Selain itu cara ini juga dapat membangun komunikasi efektif antara guru dengan siswa. Penelitian ini merupakan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 27 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis Tahun Ajaran 2017/2018 dalam memahami materi perkalian dan pembagian bilangan dengan alat bantu lembar latihan terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus pertama 74,03 dan 76,00 dengan tingkat ketuntasan 77,78% dan 80,56%. Hasil penelitian siklus kedua nilai rata-ratanya adalah 72,39 dan 73,19  dengan tingkat ketuntasan 80,58% dan 83,33%. Dan jumlah siswa sebanyak 36 orang. Hal ini berarti bahwa penggunaan lembar latihan terbimbing utuk materi perkalian dan pembagian bilangan layak dan baik untuk diterapkan.

Downloads

Published

2020-06-29