KETRAMPILAN MENGHITUNG PERKALIAN ANGKA 1 HINGGA 9 MENGGUNAKAN 10 JARI TANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • K Kosim Guru SDN 27 Bantan Air Kec. Bantan Kab. Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i1.5599

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi keliling, luas bangun jajargenjang dan segitiga siswa kelas IV SDN 27 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Penelitian ini dilakukan terhadap 29 siswa melalui 2 siklus, dimana untuk siklus pertama guru menyampaikan materi tersbut kemudian dilakukan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Sementara pada siklus kedua guru memberikan ketrampilan hitung perkalian angka 1 hingga 9 menggunakan 10 jari tangan, kemudian me-review materi dan diakhiri dengan tes tertulis. Hasil belajar sebelum diberikan ketrampilan hitung perkalian diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,97 dengan tingkat ketuntasan 34,48%. Dan setelah diberikan ketrampilan hitung perkalian tersbut diperoleh nilai rata-rata 76 dengan tingkat ketuntasan 89,66%. Hal ini berarti bahwa pemberian ketrampilan hitung perkalian angka 1 hinga 9 menggunakan 10 jari berdampak positif terhadap hasil belajar matematika materi keliling, luas bangun jajargenjang dan segitiga siswa kelas IV SDN 27 Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018.

Downloads

Published

2020-06-29