PENERAPAN NILAI–NILAI PENDIDIKAN TOLERANSI DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL QUR’AN DI KABUPATEN SIAK
DOI:
https://doi.org/10.24014/trs.v11i2.10627Keywords:
Toleransi, Pondok PesantrenAbstract
Tulisan ini dilatarbelakangi oleh adanya persoalan bahwa di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, pada dasarnya sudah mengembangkan nilai-nilai tasâmuh. Namun demikian, pada konteks materi pembelajaran, masih ada beberapa materi ajar yang bisa mengarah kepada prilaku tidak toleran. Terdapat beberapa poin penting terkait nilai-nilai toleransi ini, Pertama, penerapan nilai-nilai Pendidikan Toleransi di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak adalah (1) dilakukan dalam kehidupan sehari-hari santri, (2) dilaksanakan melalui proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu pembelajaran aktif dan dialogis. (3) dilaksanakan melalui beberapa materi pendidikan Agama Islam yang diajarkan di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an tersebut. Kedua, Faktor Pendukung Penerapan Nilai-Nilai Toleransi di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an adalah (1) adanya kesadaran dari seluruh warga santri dan penduduk setempat. (2) proses interaksi yang dilakukan oleh masyarakat Seminai Kecamatan Keririnci Kanan Kabupten Siak dan juga komunikasi yang baik dalam pergaulan sehari-hari, dan (3) peran pemerintah yang sangat mendukung terjadinya kerukunan di Desa Seminai Kecamatan Keririnci Kanan Kabupten Siak melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Miftahul Qur’an Kabupaten Siak. Ketiga, Faktor Penghambat Penerapan Nilai-Nilai Toleransi di Pondok Pesantren Miftahul Qur’an adalah adanya perbedaan paham dan perbedaan agama di Di Desa Seminai Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak.References
al Attas, Syed Muhammad al Naquid., 1990., Konsep Pendidikan Islam, Bandung : Mizan
Abdullah, Amin., 2005., Pendidikan Agama Era Multikultural Multi Religius Jakarta: PSAP
Ahmadi., Abu dan Uhbiyati, Nur., 1991., Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Al-Maraghi, Ahmad Musthafa., 1993., Tafsir Al-Maraghi terj. Bahrun Abubakar., Semarang: Thoha Putra
al Nahkawi, Abd Rohman., 1992., Ushul al tarbiyah al Islamiyah wa Asalibuha Damaskus: Dar al Fikr.
Arifin, Muzayyin., 2003., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
______________., 1999., Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, Jakarta :
Azra, Azyumardi., 1999., Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Azra, Azyumardi., dkk, 1993., Ensiklopedi Islam, Jakarta : PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve.
Baidhawy, Zakiyuddin., 2002., Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Penerbit Erlangga
Bruinessen, Martin Van., 1995., Kitab Kuning; Pesantren Dan Tarekat, Bandung: Mizan.
Dhofier, Zamakhsyari., 1982., Tradisi Pesantren Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES
Faidhani, Achmad., 2006., Konsepsi Al-Qur'an Tentang Tasamuh (Toleransi) dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Islam, Semarang: Fak Tarbiyah IAIN Walisongo.
Fajar, Ahmad Malik., 1995, ”Pengembangan Pendidikan Islam”, dalam Nafis (Ed), Konstekstualisasi Ajaran Islam : 70 Tahun Prof Dr. Munawir Sjadzali, MA, Jakarta : IPHI dan Paramadina
Hasbullah, 1999., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Lembaga Studi Islam dan kemasyarakatan LKIS
Hanafi., Imam., 2011, ”Nilai-nilai Inklusif dan Humanis Pesantren” dalam Jurnal Al-Fikra, PPs. UIN Suska Riau, Vol. 10. Nomor 1, Januari-Juni 2011
Hanafi, Imam., 2019., Teologi Toleransi: Dari Toleransi Recognize Menuju Toleransi Nilai, dalam Jurnal Progresiva: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam., Vol. 8 No. 2, 116-140
Ibrahim, Abdul ‘Aiim., 2018., Al-Mumakhat Al Lati Al Mudaris Al Lughor Al Arobiyah, Dahar: Ma’arif
Jalal, Abd al Fatah., 1997., Min al Ushul al tarbiyah fil al Islam, Mesir : Dar al Fikr.
Lutdjito, Ahmad., 1996., "Filsafat Nilai dalam Islam " dalam Chabib Thoha et.al, Reformulasi Filsafat Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan FT. IAIN Walisongo Semarang.
L. Myyry & K. Helkama, 2002., “The Role of Value Priorities and Professional Ethics Training Moral Sensitivity”, dalam The Journal of Moral Education, Volume 31 Number 1 March, 2002.
Madjid, Nurcholish., 1997., Bilik‐bilik Pesantren, Jakarta: Paramadina,
_______________., 1985, Merumuskan Kembali Tujuan Pendidikan Pesantren, dalam Pergumulan Dunia Pesantren, Jakarta: P3M
_______________., 1998. “Mencari Akar-akar Islam Bagi Pluralisme Modern: Pengalaman Indonesia”, dalam Jalan Baru Islam, Jakarta: Mizan
Ma’arif, Ahmad Syafi’i., 1999, “al-Qur’an dan Masalah pendidikan”, dalam Yunahar Ilyas dan Muhammad Azhar (ed.), Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an, Yogyakarta: LPPI.
Marimba, Ahmad D., 1989., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: al-Ma’arif
Mas’ud, Abdurrahman., 2002., “Sejarah dan Budaya Pesantren” dalam Ismail S.M. (Ed.), Dinamika Pesantren dan Madrasah Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mukti, Abdul., 2000., "Masyarakat Egalitarian", dalam Thoha Hamim, at.all, Pendidikan Islam, Demokrasi dan Masyarakat Madani, Semarang: Fakultas Tarbiyah
Mustholih, Achmad., 2011., Konsep Pendidikan Pluralisme Menurut Abdurrahman Wahid dalam Perspektif Pendidikan Islam, Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo
Novita, 2009, “Pendidikan Multikultural Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam”, Tesis, PPs. UIN Suska Riau
Shihab, Alwi., 2004., Membedah Islam di Barat; Menepis Tudingan Meluruskan Kesalahpahaman, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
___________., Islam Inklusif, (Bandung: Mizan, 1999)
Shihab, M. Quraish., 2005., Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati
Steenbrink, Karel A., 1982., Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta: LP3ES
Syarbini, Amirulloh., 2011., Al-Qur’an dan Kerukunan Hidup Umat Beragama. Bandung: Quanta
Tafsir, Ahmad., 1994, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Thoha, Anis Malik., 2005., Tren Pluralisme Agama: Tinjauan Kritis, Jakarta: Perspektif.
Wahid, Abdul., 2003., “Tendensi Antipluralisme dalam Pendidikan Islam ; Kritik Teks Buku Ajar PAI SMU/SMK”, dalam Jurnal Ulumuna, Vol. VII, Edisi 12, No. 2, Juli-Desember 2003.
Wahid, Abdurrahman., 2001., Menggerakkan Tradisi; Esai-esai Pesantren, Yogyakarta: LKIS
Wirosukarto, Amir Hamzah., et.al., 1996., KH. Imam Zarkasyi dari Gontor Merintis Pesantren Modern, Ponorogo: Gontor Press.
Yaqin, Ainul., 2005, Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media.
Yunus, Mahmud., 1990., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Hidakarya