PEMBELAJARAN FIQH YANG HUMANIS Analisis terhadap Kurikulum Fiqh MTs
DOI:
https://doi.org/10.24014/trs.v11i2.10649Keywords:
Humanis, Fiqh, PembelajaranAbstract
Tulisan ini mendiskusikan akan pentingnya upaya mengembangkan model pembelajaran fiqh yang lebih humanis. Pembelajaran fiqh perlu didorong ke arah yang lebih transformatif, mau melihat perbedaan, menyadari tentang pentingnya pluralitas dalam pemahaman fiqh. Oleh karena itu, pembelajaran fiqh semestinya harus humanis, yaitu meneguhkan kembali kepentingan manusia dalam beribadah. Model pembelajaran fiqh yang humanis diantaranya adalah menekankan akan pembelajaran yang bermakna dan pendekatan dialogis.References
Affandi, Khozin., 2007., Hermeneutik dan Fenomenologi Dari Teori ke Praktek Surabaya: PPS Sunan Ampel Surabaya.
Al-Jurjani, Abu Hasan, 1938., al-Ta’rifat Mesir: Mustafa Al-Bab al-Halabi
Baharudin dan Makin, Moh. 2007., Pendidikan Humanistik Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Baharuddin, dan Wahyuni, Esa Nur., 2008., Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bleicher, Josef., 2007., Hermeneutika Kontemporer: Hermeneutika sebagai Metode, Filsafat, dan Kritik Yogyakarta: Fajar Pustaka
Depdiknas, 2007., Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Gunawan, Adi W. 2004., Genius Learning Strategy, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hanafi., I., 2012., Oeientasi Fiqhiyah dalam Pendidikan Islam., Jurnal A-Fikra, Vol. 11, No. 1. 20-35
Madjid, Nurcholis., 2002., dalam Rama Furqana (ed), Pendidikan Agama dan Akhlak Bagi Anak dan Remaja, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Manoppo, Yanti K. 2005,. “Nilai-nilai humansitik dalam interaksi dosen dan mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo”, (Tesis, Program Pascasarjana IAIN/UIN Alaudin Makasar
Muhaimin, 2004., Paradigma Pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya
Mukhtar, 2007., Bimbingan Skripsi, Tesis dan Karya Ilmiah Jakarta: Gaung Persada Press.
Pasaribu, J.J. dan Simanjuntak, B.., 1980., Proses Belajar dan Mengajar Bandung: Tarsito.
Riyanto, Yatim., 2001., Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya: SIC
Robingatin, 2004., “Psikologi Transpersonal, Suatu Perspektif tentang Dimensi Spiritual Manusia dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam”, Tesis, Program Pascasarjana UII Yogyakarta
Sanaky, Hujair AH. 2002., “Pembaharuan Pendidikan Islam menuju Masyarakat Madani Indonesia (Tinjauan Sosio-Kultural Historis)”, Tesis, Program Pascasarjana UII Yogyakarta
Sunarto, 2001., Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Pendidikan Surabaya: UNESA University Press.
Slavin, Robert K. 1994, Educational Pshicology: Theory into Practice Prentice Hall: Engelwood
Wibowo., Agus, 2008, Malpraktik Pendidikan, Yogyakarta: Genta Press