POLA INTERAKSI DAN PENYEBARAN MODERASI BERAGAMA Studi di Kota Bagansiapi-api Kabupaten Rokan Hilir

Authors

  • Ahmad Ghazali Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau
  • Dardiri Husni Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
  • Sri Mawarti Pengawas Madrasah Kementrian Agama Kota Pekanbaru
  • Masbukin Masbukin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
  • Zulkifli Muhammad Nuh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/trs.v14i1.18234

Keywords:

moderasi, pola dan interaksi

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang pola interaksi dan penyebaran moderasi beragama di Kota Bagansiapi-Api Kabupaten Rokan Hilir-Riau. Secara umum, pola interaksi dan pola penguatan moderasi beragama di Bagansiapi-api ini adalah; Pertama, Bentuk pola interaksi sosial di kota Bagan siapi-api bersifat asosiatif yang mengarah pada bentuk hubungan seperti: kerjasama, akomodasi, dan asimilasi. Kedua, Dari hasil observasi di lapangan, ada tiga aktifitas yang dilaksanakan oleh masyarakat kota Bagan siapi-api yaitu Kegiatan agama, Kegiatan kota, dan kegiatan kesenian. Yang secara turun temurun yang menyebabkan mereka bisa hidup moderat serta dinamis. Salah satu indikatornya bahwa dalam waktu yang sangat lama hampir tidak pernah terjadi ada benturan horizontal antar umat sehingga mengganggu hubungan keduanya.

References

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama dalam Bingkai Toleransi. RUSYDIAH: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 137–148. https://doi.org/10.35961/rsd.v1i2.174

Abu Yasid, L. (2004). Islam Akomodatif; Rekonstruksi Pemahaman Islam Sebagai Agama Universal. LKIS PELANGI AKSARA.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian, Edisi I. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Chadidjah, S., Kusnayat, A., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Implementasi NilaiNilai Moderasi Beragama Dalam Pembelajaran PAI: Tinjauan Analisis Pada Pendidikan Dasar Menengah dan Tinggi. Al-Hasanah: Islamic Religious Education Journal, 6(1), 114–124. https://doi.org/10.51729/6120

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Volume 1 No 2 Tahun 2021 ttps://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Faizah, M., Qoirot, S. B., & Nasirudin, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Quran Santri TPQ Al Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 38–41.

Hasanah, N. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ). Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 70– 88. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.662

Hermawan, A. (2020). Nilai moderasi Islam dan internalisasinya di sekolah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(1), 31–43. https://doi.org/10.24090/insania.v25i1.3365

Islam, K. N. (2020). Moderasi Beragama di Tengah Pluralitas Bangsa: Tinjauan Revolusi Mental Perspektif Al-Qur’an. Jurnal, 13(1). https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1379

Ismawati, D. (2014). Upaya Guru Dalam Menanamkan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui Ekstra Kulikuler Karawitan di Sekolah Dasar Muhammadiyah Purbayan Kota Gede Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.569

Qowim, A., Suprapto, Y., & Nur, D. M. M. (2020). Upaya Guru dalam Menanamkan NilaiNilai Moderasi Beragama di TPQ Ngerang Tambakromo-Pati. Tunas Nusantara, 2(2), 242–248. https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1507

Sirajuddin, S. (2020). Literasi Moderasi Beragama di Indonesia. Penerbit. Zigie Utama.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulaikho, S., Rahmawati, R. D., Istikomah, I., & Kholilah, I. (2020). Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik dan Benar Melalui Metode At-Tartil bagi Orang Tua Santri TPQ Desa Brodot Jombang. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Syatar, A. S. A., Amiruddin, M. M., Rahman, A., & Haq, I. (2020). Darurat Moderasi Beragama Di Tengah Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.35905/kur.v13i1.1376

Rahman, Budhi-Munawar, (1995), Argumen Islam tentang Pluralism, Jakarta: Paramadina

Yunus, F. M. (2014). Konflik agama di Indonesia problem dan solusi pemecahannya. Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 16(2), 217–228. https://doi.org/10.22373/substantia.v16i2.4930

Downloads

Published

2022-07-06