Pengaruh Citra Merek, Labelisasi Halal dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah Di Kota Pekanbaru

Authors

  • Nur Halimah Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau
  • Saipul Alsukri Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, labelisasi halal, dan variasi produk terhadap keputusan pembelian lipstik Wardah di Kota Pekanbaru. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan survei, penelitian ini melibatkan 100 responden perempuan berusia antara 20 hingga 40 tahun yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala Likert 5 poin, dan data dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan SPSS versi 25. Hasil menunjukkan bahwa citra merek, labelisasi halal, dan variasi produk secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian lipstik Wardah, dengan koefisien regresi masing-masing sebesar 0,414, 0,178, dan 0,212. Uji F menunjukkan model regresi signifikan dengan nilai F sebesar 63,684 dan signifikansi 0,000, serta koefisien determinasi (R²) sebesar 0,666. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ketiga variabel tersebut merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian lipstik Wardah di Pekanbaru, dan perusahaan kosmetik perlu meningkatkan citra merek, memastikan labelisasi halal, serta menawarkan variasi produk yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

References

Agung Aprilia S.C., L., Putri, E., & Nugroho, A. (2022). Pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 15(2), 45-58.

Al Sukri, S. (2020). BASIC Marketingstrategykonsep Marketing Mix Dan Ekuitas Merek.

Badan POM. (2023). Data notifikasi kosmetik. Retrieved from waskos.pom.go.id

Ghozali, I. (2018). Multivariate Analysis Application With IBM SPSS 25 Program (9th edition). Diponegoro University Publishing Agency.

Goodstats. (2022). Tren inovasi dalam produk lipstik. Jurnal Industri Kecantikan, 11(3), 45-58.

Harahap, D. A. (2015). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen di Pajak USU (PAJUS) Medan. Jurnal keuangan dan bisnis, 7(3), 227-242.

Kamalia, K., & Alsukri, S. (2024). Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved. IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management, 3(2), 44-52.

Kamilah, G., & Wahyuati, A. (2017). The Effect of Halal Labeling and Brand Image on Purchasing Decisions Through Purchasing Interest. Journal of Management Science & Research, 6(2).

Keller, K. L. (2016). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (4th ed.). Pearson

Liyono, A. (2022). Pengaruh brand image, electronic word of mouth (E-WOM) dan harga terhadap keputusan pembelian produk air minum galon crystalline pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73-91.

Matondang, Z., Fadlilah, H., & Saefullah, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Halal, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 18-38.

Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 71-83.

Nurfitriana, S., & Iriani, F. (2018). Citra Merek, Kualitas Produk, Harga Dan Pengaruhnya Pada Minat Beli Ulang Produk Kecantikan Wardah. Sebatik, 22(2), 56-63.

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 660-669.

Ramailis, N. W., & Wandi, D. P. (2018). Peran BPOM Kota Pekanbaru Dalam Mengawasi Perdagangan Kosmetik Illegal: Universitas Islam Riau. Sisi Lain Realita, 3(2), 20-39.

Regindratama, A. (2023). Pengaruh Variasi Produk Dan Display Layout Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Word Of Mouth Sebagai Variabel Mediasi Di Toko SRC JUMASRI. OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 7(2).

Top Brand Award. (2023). Top Brand Award: Kategori Lipstik Tahun 2020 – 2023. Retrieved from topbrandaward.com

Wibowo, D. E., & Madusari, B. D. (2018). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian oleh konsumen muslim terhadap produk makanan di Kota Pekalongan. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 73-80.

Downloads

Published

2024-11-14