Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya

Authors

  • Kholia Urwati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nevi Ernita Universitas Islam Negeri Mataram
  • Yahdi Yahdi Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pokok materi hukum Newton pada kelas X MA Darul Muhajirin Praya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest control group desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA MA Darul Muhajirin Praya. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 yaitu kelas eksperimen berjumlah 30 orang siswa dan kelas X IPA1 berjumlah 30 orang siswa pada kelas kontrol yang dipilih dengan sistem random sampling atau secara acak. Data dikumpulkan dengan metode tes yang berbentuk pilihan ganda dan essay. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknis analisis statistika yaitu menggunakan uji t-test. Setelah dianalisis hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional dapat dilihat dari hasil perhitungan t-test (thitung= 4,150 >ttabel= 2,000). Hal ini dapat dilihat bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dengan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif pada materi hukum newton

References

Bahtiar. (2015). Strategi Belajar Mengajar Sains (IPA). Mataram: CV Sanabil.

Bambang prasetyo. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Depok: PT Raha Gravindo Persada.

Eris Ratnawulan. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Gunawan, I. (2014). Revisi Taksonomi Bloom Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen, Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran. (1), 98–117.

Ifa, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu pada Standar Kompetensi Menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 715-722

Juwaeriah, S., Muhyani, M. and Ikhtiono, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika’, Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 78. doi: 10.32507/attadib.v1i2.24.

Muhammad Nurman. (20115). Evaluasi Pendidikan, Mataram: CV. Sanabil.

Nurhadi, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 3 Bengkalis. Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 76-84.

Nurhaeni, Y. (2011). Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas Ix Smpn 43 Bandung’, Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 77–89.

Oktafiani, Z. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wedung Tahun Pelajaran 2016/2017. JP3 (Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik), 3(1)., 59–73.

Pohan, D., & Simamora, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum-hukum Newton. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 2(3).45-53

Samaela, D. P., Jamhari, M. and Nengah, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Teknik Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Poso Pada Mata Pelajaran Biologi’, e-Journal Mitra Sains, 5, 48–57.

Sugiyono. (2010). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Stad (Student Team Achievement Division) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan, Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), 9(3), 1295–1305.

Susilo, F., Sunarno, W. and Suparmi. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Jigsaw Dan Gi (Group Investigation) Ditinjau Dari Kreativitas. Jurnal Inkuiri, 5(3), 40–48.

Syarifuddin, A. (2011). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran, Ta’dib, 16(02), 209–226.

Syofian Siregar. (2010). Statistika Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trisianawati, E., Djudin, T., & Setiawan, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi vektor di kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 51-60.

Downloads

Published

2019-10-29

How to Cite

Urwati, K., Ernita, N., & Yahdi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 203–215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673

Issue

Section

Articles