Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak

Penulis

  • Sunarti Sunarti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6586

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode kelompok sindikat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode kelompok sindikat pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 14 orang. Objek dalam penelitian adalah peningkatan aktivitas belajar siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum penerapan metode adalah 41,07% dengan kategori gagal. Setelah menerapkan metode kelompok sindikat pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 58,42% dengan kategori kurang. Pada siklus II, meningkatkan aktivitas belajar siswa menjadi 77,81%. Dapat disimpulkan bahwa, melalui metode kelompok sindikat kegiatan belajar siswa dapat meningkat.

Referensi

Dimyati dan Mudjiono. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada.

Jhon M. Echols dan Hassan Shadily. (2005). Kamis Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Jakarta.

Muchlas Samani dan Hariyanto. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.

Nana Sudjana. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Oemar Hamalik. (2006). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjiono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rasa Grafindo Persada.

Susilawati. (2013).Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah, Pekanbaru: Benteng Media CV.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar, Jakarta: PT Rineka Cipta

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen, Bandung.

Wina Sanjaya. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standa Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-01-17

Cara Mengutip

Sunarti, S. (2019). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Metode Kelompok Sindikat (Syndicate Group) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 009 Teratak. Journal of Natural Science and Integration, 1(2), 167–184. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6586

Terbitan

Bagian

Articles