Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
DOI:
https://doi.org/10.24014/sjme.v8i1.12810Keywords:
Pembelajaran problem posing, post solution posing, pemecahan masalahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran problem posing tipe post solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Babat Toman. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis menunjukkan tidak adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem posingtipe post solution posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Kemampuan berpikir matematis dan kemampuan pengajuan masalah yang baik diperlukan dalam penerapan pembelajran problem posing agar dapat menunjang kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian yang lebih lanjut diperlukanReferences
Aprillia, U. D., Syahlan, & Hasratuddin. (2020). Pengaruh contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa SMA Negeri 04 Tebing Tinggi. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 1–7. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/420
Astra, I. M., & Jannah, M. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2), 135–143.
Daheri, M., Juliana, Deriwanto, & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal basicedu, 3(2), 524–532. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597
Izzatul, W., & Istiqlal, M. (2019). Keefektifan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 78–85. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.12695
Khotimah, R. P., & Masduki, M. (2016). Improving teaching quality and problem solving ability through contextual teaching and learning in differential equations: a lesson study approach. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 1–13. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1791
Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668
Nicolaou, A. A., & Xistouri, X. (2011). Field dependence / independence cognitive style and problem posing : an investigation with sixth grade students. Educational Psychology, 31(5), 611–627. https://doi.org/10.1080/01443410.2011.586126
Nuralam, & Gadeng, T. (2018). Kualitas Hasil Belajar Statistika Siswa MTs yang dibelajarkan dengan Pendekatan Problem Posing. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 88–99. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5744
OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prasetyaningtyas, S. (2020). Pelaksanaan belajar di rumah (BDR) secara online selama darurat covid-19 di SMP N 1 Semin. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Masmedia Buana Pustaka.
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Wulandari, H., Susanta, A., & S, M. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.1-7
Xu, B., Cai, J., Liu, Q., & Hwang, S. (2019). Teachers ’ predictions of students ’ mathematical thinking related to problem posing. International Journal of Educational Research, 04, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2019.04.005
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemechana masalah matematika siswa kelas VII di SMP Negeri Pangkajene. Mosharafa, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.341
Downloads
Published
Issue
Section
License

Suska Journal of Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.