Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-ended pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel

Authors

  • Wahyuni Wahyuni Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Granita Granita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/sjme.v8i1.16990

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis pendekatan Open-ended yang memenuhi kriteria valid dan praktis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dikarenakan berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 2 Tualang, ditemukan bahwa terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan saat menyelesaikan soal latihan dalam pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena siswa kurang mampu memahami konsep dasar dari sistem persamaan linear tiga variabel sehingga nilai yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Tualang, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika sebagai validator LKS. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis pendekatan Open-ended  pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif terhadap instrumen angket validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan  dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, sehingga LKS berkualitas baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi sistem persamaan linear tiga variabel.

References

Azzahra, R. H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876

BSNP. (2014). Buletin BSNP: Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cardo A.P., D., Napisah, D., Wungo, D. D., Utama, G. D., &

Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.311

Fadillah, N., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 065–080. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9114

Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of Instructional Development Models. Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED477517.pdf

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Indonesia.

Lestari, K. E ., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

MZ, Z.A., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati., & Granita. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercubuana: Jurnal Penelitian Matematika Dan Penddikan Matematika, 4(1), 21-31. https://doi.org/10.26486.v4i1.500

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825

Roehati, E. E., Hendriana, H., & Utari Sumarmo. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). StrategiPembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Gramedia.

Downloads

Published

2022-08-29

Issue

Section

Research Articles