Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD

Authors

  • S. Suraji Sekolah Dasar Negeri 136 Pekanbaru
  • Arnida Sari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.4043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD Negeri 136 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah kelas V.B yang berjumlah 35 orang. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data dan refleksi. Pada siklus I, diperoleh hasil belajar siswa rata-rata 20% dan siklus II sebesar 60%. Sedangkan pada siklus III terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi 80%. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan suatu peningkatan dari siklus pertama ke siklus selanjutnya, baik dari segi proses pembelajaran maupun kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V.B SD Negeri 136 Pekanbaru.

References

Trianto.(2012). Mendesain Model Pembelajaran Inofativ-progresifJakarta: Kencana Grup.

Abdurrahman,Mulyono. (2012).Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Wena,Made. (2011).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyanto. (2012). Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lie,Anita. (2009).Cooperative LearningJakarta: Grasindo.

Saraswati dkk. (2012). “Penerapan pembelajaran two stay two stray (TSTS) terhadap kemampuan pemahaman konsep dan minat”. Journal of Mathematics Education Unnes.

Suherman, Ermam.Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: JICA UPI. 2001.

Hartono. (2004). Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta : LSFK2P.

Uno, Hamzah B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Eektif. Jakarta : Bumi Aksara.

Wardani, Igak. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Zakaria, Effandi. (2007).Trend Pengajaran dan Pembelajaran Matematik.Kuala Lumpur:Lohprint SDN. BHD.

Ziyad Habibi. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tsts (Two Stay Two Stray) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto”.E-jourrnal UNESA, Vo. 3, No. 3.

Downloads

Published

2017-11-30

Issue

Section

Research Articles