Tarekat Al-Idrisiyyah Dalam Membangun Akhlak Mulia Generasi Muda
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v19i2.10895Abstract
Salah satu tarekat yang diikuti dan populer di kalangan umat Islam di Indonesia adalah Tarekat Al-Idrisiyyah yang berpusat di Pondok Pesantren Idrisiyyah Tasikmalaya. Disamping mengelola pendidikan, Ponpes Idrisiyyah juga saat ini mempunyai fokus perhatian di bidang ekonomi dengan memiliki mini market yang di kasih nama Qini Mart. Melihat sistem pendidikan yang diterapkan di pondok pesantren ini, begitu menarik perhatian penulis untuk mengetahui dan meneliti lebih dalam mengenai peranan Tarekat Al-Idrisiyyah dalam bidang Akademik (pendidikan) terhadap Negara Indonesia. Tarekat Al-Idrisiyyah sangat mendidik para santri/santriah untuk hidup disiplin. Karena, kualitas generasi muda yang baik dipandang harus mampu memiliki kedisiplinan. Dalam segi waktu, para santri/santriah sangat disiplin. Hal ini bisa dilihat dari waktu bangun tidur mereka, mereka bangun pada dini hari dan melaksanakan sholat tahajud bersama. Di samping itu, setiap waktu sholat pun mereka selalu hadir di masjid sebelum adzan dikumandangkan. Itulah salah satu contoh kedisiplinan yang diterapkan oleh Tarekat Al-Idrisiyyah. Metode penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif, dengan pendekatan studi kasus. Selama penelitian ini, diri di pusatkan pada satu objek tertentu yang dianggap sebagai suatu kasus secara intensif. Dikumpulkan berbagai sumber dari pihak yang bersangkutan untuk memperoleh data studi kasus dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai sejarah dan amalan-amalan Tarekat Al-Idrisiyyah. Disamping itu juga, penelitian ini bermaksud untuk memaparkan system pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Idrisiyyah dalam membangun generasi mudaReferences
Al-Idrisiyyah, P. Y. (2007). Mengenal Tarekat Idrisiyyah: Sejarah dan Ajarannya. Jakarta.
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda.
Ridwan, N. M. (2008). Dakwah dan Tarekat "Analisis Majlis Taklim Al-Idrisiyyah melalui Tarekat di Batu Tulis Gambir Jakarta Pusat (Skripsi). Jakarta: UIN Syarif Hidayatulloh.
Wawancara dengan Kepala Divisi Pendidikan Yayasan Idrisiyyah.
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.