Pengembangan Kurikulum Ismuba di MTs Muhammadiyah 01 Banjaranyar Baureno Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.24014/af.v21i2.18727Abstract
Kurikulum ISMUBA merupakan pengembangan dari kurikulum PAI di sekolah yang dipadukan dengan organisasi kemasyarakatan Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kurikulum ISMUBA di MTs Muhammadiyah 01 Banjaranyar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data untuk memperoleh data yang akurat terkait dengan subjek penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk referensi dalam penelitian kualitatif. Menggunakan dua sumber data yaitu sumber data lapangan dan sumber data dokumenter. Sumber data lapangan adalah waka kurikulum dan guru ISMUBA di MTs Muhammadiyah 01 Banjaranyar. Sedangkan sumber data dokumenter adalah kurikulum ISMUBA, kurikulum MTs Muhammadiyah 01 Banjaranyar, dan buku pendukung lainnya. Penelitian ini bertempat di MTs Muhammadiyah 01 Banjaranyar Baureno. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ISMUBA di MTs Muhammadiyah 01 Banjaranyar terdiri dari beberapa mata pelajaran yaitu Al-Qur'an Hadits, Sejarah Kebudayaan Islam, Fiqh, Aqidah Akhlak, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Mata pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab sesuai dengan KMA nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Untuk Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan menurut Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah. Pengembangan kurikulum ISMUBA sendiri dilakukan dengan pengembangan diri dan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan tersebut antara lain: bakti sosial, bakti sosial, takziah, membaca surat pendek bersama di awal dan akhir pelajaran, ibadah khusus keagamaan bersama, menjaga kebersihan dan kesehatan diri, shalat Dhuha, shalat Dzuhur berjamaah dan Hizbul Wathan.References
Arifin, Z. (2013). Strategi Pengembangan Sekolah Muhammadiyah di Masyarakat NU Konservatif. Jurnal Analisa, 20(2), 233–244.
Didiyanto. (2017). Paradigma Pengembangan Kurikulum PAI di Lembaa Pendidikan. Jurnal Edureligia, 1(2), 122–132.
Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jurnal El-Hikmah, 12(2), 140–163.
Majir, A. (2017). Dasar Pengembangan Kurikulum (1st ed.). Penerbit Deepublish.
Mansur, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan). Jurnal Ilmiah Vicratina, 10(2).
Mufti, U. (2020). Implementasi Kurikulum Ismuba di Sekolah Muhammadiyah. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 9(2), 30–44.
Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 85–92. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.906
Muhammadiyah, M. D. P. (2017). Kurikulum Ismuba. PP Muhammadiyah.
Nurmadiah. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Afkar, III(II), 41–54.
Ramadhan, O. M., Hermawan, A. H., & Erihadiana, M. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam di Era New Normal. Jurnal Intelektual, 11(April), 32–45.
Shofiyah. (2018). Prinsip–Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 122–130. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464
Sholikhah, K. (2020). Penembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Budaya Religius di Sekolah. Dar El-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 7(1), 62–81.
Sugiana, A. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di MTs Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XVI(1), 17–34. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i2.110
Sya’bani, M. A. Y. (2018). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan Nilai. Jurnal Tamaddun, XIX(2), 101–114.
Syam, A. R., & Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris, 14(1), 1–19.
Tantowi, T. R., & Widodo, H. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter pada Kurikulum ISMUBA SD Muhammadiyah Kalisoka Sentolo Kulonprogo DIY. Jurnal Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 09(01), 54–63.
Wafi, A. (2017). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal Edureligia, 1(2), 133–139.
Wasito, W. (2019). Implementasi Kurikulum Ismuba Di Sd Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.3447
Wibisono, Y. (2019). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Ismuba di Smp Muhammadiyah Pakem Sleman Yogyakarta. Jurnal At-Tajdid, 03(02), 167–179.
Giantara, F., & Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan Substansi Materi Melalui Proses Pembelajaran Online. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 787-796.
Nahwiyah, S., Mualif, A., Haironi, R., Mailani, I., & Wismanto, W. (2023). Peran Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an pada Mahasiswa Prodi PGMI Universitas Muhammadiyah Riau. Journal on Education, 5(3), 9573-9583.
Mujtahid, I. M., Berlian, M., Vebrianto, R., Thahir, M., & Irawan, D. (2021). The development of digital age literacy: A case study in Indonesia. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(2), 1169-1179.
Nopriyanti, W. (2020). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 001 Pasar Baru Pangean. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan dan Pendidikan Agama Islam), 2(2), 184-201.
Giantara, F., Yanti, N., Handayani, S., & Anis, Y. (2020). Pola Pendidikan keluarga Saat Bencana Kabut Asap di Kota Pekanbaru. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 778-786.
Giantara, F. (2020). Analisis Data (Kualitatif, Kuantitatif, Metode Campuran, dan Penelitian Tindakan). Pekanbaru: LPPM STAI Diniyah Pekanbaru.
Berlian, M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Development of Webtoon Non-Test Instrument as Education Media. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 185-192.
Amiliya, R., & Giantara, F. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 4(2), 116-125.
Giantara, F., & Amiliya, R. (2021). Urgensi Kebijakan Pendidikan Islam sebagai bagian dari Kebijakan Publik (Analisis Teoretis). Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 11(2), 86-96.
Radeswandri, R., Budiawan, A., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Developing instrument to measure the use of online comic as educational media. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 119-126.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77-84.
Syahbudin, Z., Ahmad, R. R. M. R., Zein, N., & Thahir, M. (2023). Developing Students’religious Moderation Through Group Counseling at Islamic Higher Education. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 15-28.
Amri, K., Riyantini, S., Hasri, S., & Sohiron, S. (2022). Starategi Pengembangan Mutu dan Akreditasi Di Madrasah Dalam Menghadapi Revolusi 5.0. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(2), 172-182.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.