Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Strategi Think, Predict, Read, Connect untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24014/ejpe.v4i2.13822Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil analisis bahan ajar membaca pemahaman di kelas VI Sekolah Dasar (SD) ditemui beberapa permasalahan tentang bahan ajar menulis narasi salah satunya bahan ajar yang digunakan belum memuat tahapan membaca yang semestinya serta bahan ajar belum dikembangkan secara maksimal. Hal tersebut dapat menyebabkan guru harus mampu mengembangkan bahan ajar sebagai sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: tahap Analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar. Data kepraktisan diperoleh dari melalui lembar keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian peserta didik. Keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses membaca pemahaman, dan penilaian hasil membaca pemahaman. Berdasakan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata bahan ajar dari validator ahli dan validator praktisi. Persentase validator ahli adalah 91,5% dengan kategori sangat valid dan persentase praktisi pendidikan adalah 91,9% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP diperoleh persentase 90,1% dengan kategori sangat praktis. Penilaian respon guru diperoleh persentase 90,3% dan penilaian respon peserta didik adalah 88,8% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas bahan ajar dilihat dari aktivitas peserta didik diperoleh rata-rata persentase 82,5% dengan kategori sangat baik. Dari penilaian proses membaca pemahaman diperoleh persentase 83,3% dengan kategori sangat tinggi. Dari penilaian hasil membaca pemahaman diketahui bahwa persentase ketuntasan hasil membaca pemahaman peserta didik cenderung meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar membaca pemahaman menggunakan strategi TPRC (Think, Predict, Read, Connect) di kelas VI Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.References
Abbas, S. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Ahmad, A. Z. 2012. Perencanaan Pembelajaran dari Desain sampai Implementasi. Yogyakarta:Pedagogia
Allen, K. E. & L. R. 2008. Profil Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Valentino. 2010. Jakarta: Indeks.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Cochrane, K. 2009. Teaching Reading-An Action Research Model. Practically Primary. Vol 14. Number 3. October 2009
Dahlan, D. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Quantum Learning pada materi system pencernaan untuk Sekolah Menengah Atas. Tidak diterbitkan. Padang: Universitas Negeri Padang
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Danim, S. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV. Alfabeta
Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
-------. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
-------. 2009. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Diklat Bimtek/KTSP.
Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Edo. 2015. The Effectiveness of TPRC Strategy for Teaching Reading Comprehension of Descriptive Texts. Antologi UNNES Desember 2015
Emzir. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hartinah, S. 2010. Pengembangan Peserta Didik. Bandung: Refika Aditama.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. Jossey-Boss Education.
Kemendiknas. 2011. Model Bahan Ajar Matematika untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjendikdas Kemendiknas.
Kolic, J. V. & Bajšanski. I. 2006. Metacognitive Strategies and Reading Comprehension in Elementary School Students. European Journal of Psychology of Education European Journal of Psychology of Education 2006, Vol. 2006, Vol. XXI, nº 4, 439-451 XXI, nº 4, 439-451 © 2006, ISPA © 2006, ISPA. Bajšanski University of Rijeka, Croatia University of Rijeka, Kroasia
Lenski, dkk. 2011. Reading and Learning Strategies. Kendal Hunt Publishing Company.
Majid, A. 2007 perencanaan Pembelajaran Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Nurgiyantoro, B. 2012. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Ortlieb, E. 2013. Using Anticipatory Reading Guides to Improve Elementary Students’ Comprehension. International Journal of Instruction International Journal of Instruction July 2013 Vol.6, No.2 Juli 2013. Vol.6, No.2 e-ISSN: 1308-1470 e-ISSN: 1308-1470. Monash University, Australia
Pringgawidagda, S. 2002. Strategi Penguasaaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa
Putra, N. 2012. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Rahim. F. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.Jakarta:Bumi Aksara
Redway, K. 1992. Membaca Cepat.(Terjemahan Dandan Riskomar). Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo
Rudell, M. R. 2005. Teaching Content Reading and Writing. USA: Wiley
Saddhono, K & St.Y.Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori & Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati
Sanjaya, W. 2009. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Santrock, J. W. 2007. Perkembangan Anak. Terjemahan oleh Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. 2007. Jakarta: Erlangga.
Semiawan, C. R. 2008. Catatan Kecil tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sethna, M. 2011. Literacy Skill and Strategies for Content Area Teachers. Ebook
Setyosari, P. 2010. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta:Kencana
Soenarto, 2008. Penelitian Pengembangan Research & Development (R&D) Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.
Somadoyo, S. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta:Graha Ilmu
Sudjana, H.D. 2010. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto. 2007. Pengembangan KTSP dengan Perspektif Manajemen Visi. Jakarta: Matapena
Tarigan, H. G. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Taufina. 2015. Keterampilan Berbahasa dan Apresiasi Sastra Indonesia di SD. Padang: Sukabina Press
Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Melvyn I.S Istructional Develompment for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. Indiana University Bloomington, Indiana.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Uno, H. B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Upton, P. 2012. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga
Widodo, C. S. & Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.
Yuldirim, K. & A. S. 2012. Silent And Oral Reading Fluency: Which One Is The Best Predictor Of Reading Comprehension Of Turkish Elementary Students. International Journal on New Trends in Education and Their Implications October 2012 Volume: 3 Issue: 4 Article: 07 ISSN 1309-6249. Gazi University Ankara- Turkey
Yusuf, S. LN. 2009. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.