Uji Validitas dan Uji Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Problem Based Learning pada Materi Segiempat
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v5i2.14851Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan lembar kerja siswa matematika berbasis pendekatan problem based learning pada materi segiempat yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kapur IX, ahli teknologi pendidikan dan, ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru mata pelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning pada materi segiempat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi non sistematis. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan uji validitas, lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,52%. Hasil uji coba praktikalitas kelompok kecil dengan responden berjumlah 6 orang siswa diperoleh bahwa lembar kerja siswa berbasis pendekatan problem based learning sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 87,92%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa lembar kerja siswa yang dikembangkan valid dan praktis.References
Agitsna, L. D., Wahyuni, R., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360
Amelia, R., Aripin, U., & Hidayani, N. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1143–1154. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1143-1154
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Budianto, U. T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(3), 338–344. https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3806
Drljača, D., Latinović, B., Stanković, Ž., & Cvetković, D. (2017). ADDIE Model for Development of E-Courses. SINTEZA (International Scientific Conference on Information Technology and Data Related Research). https://doi.org/10.15308/Sinteza-2017-242-247
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, Pt. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 10.
Harapit, S. (2018). Peranan Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 912–917. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.41
Islam, F. M., Harjono, N., & Airlanda, G. S. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Dalam Tema 8 Kelas 4 SD. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 613–628.
Kemendikbud. (2012). Pengembangan Kurikulum 2013. Dipresentasikan pada Sosialisasi Kurikulum. Sosialisasi Kurikulum.
Khairunnisa, Yusrizal, & Halim, A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning Bermuatan Sikap Spiritual pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4), 284–291.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0. Dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Nurbaiti. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Pembelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 4(2), 58–58. https://doi.org/10.37081/ed.v4i2.345
Prastowo, A. (2012). Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.
Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049–057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360
Revita, R. (2017). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Widianti, W., & Hidayati, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga dan Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 27–38. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i1.p%p
Widjajanti, E. (2008). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan bagi Guru SMK/MA. Yogyakarta: FMIPA UNY.
Yanti, A. H. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuk Linggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2). https://doi.org/10.31186/jpmr.v2i2.3696
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.