Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Problem Based Learning Materi Himpunan Untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs
DOI:
https://doi.org/10.24014/juring.v5i3.15923Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih terbatasnya perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013, khususnya penerapan model dan pendekatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika model problem Based Learning pada materi Himpunan untuk siswa kelas VII SMP/MTs berupa Silabus dan RPP telah memenuhi kriteria valid serta LAS telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran dan angket respon siswa, Perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga orang validator. Ujiaacobaaaterbatasaadilakukanaterhadapa6aorangasiswaakelasaaVIIaSMPaNa3aKelayang. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan nilai rata-rata silabus 3,73, RPP 3,59, dan LAS 3,52. Selain itu, LAS memiiki kategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,42References
Bakar, M. T., Harisman, Y., La Nani, K., & Amam, A. (2020). Kemampuan Pemahaman MAtematis Siswa Kelas VII SMP pada Materi Himpunan melalui Model Discovery Learning. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 272–279. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3819
Basuki, N. shelia putri. (2016). Pengembangan LKS matematika berbasis kontektual dengan model MEA (Means-Ends Analysis) pada materi statistika dan peluang untuk siswa kelas VII (2016 ed.). FKIP Unisma.
Daing, H., Kilo, A. L., Iyabu, H., & Alio, L. (2022). Analisis Motivasi Belajar pada Materi Asam Basa Selama Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1), 31–36. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13240
Dewi, A. U. (2016). Pengembangan LKS matematika berbasis kontektual dengan model MEA (Means-Ends Analysis) pada materi statistika dan peluang untuk siswa kelas VII.
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120
Jaya, F. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.
Mudlofir, A. (2017). Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Ningsi, G. P. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menurut Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Polya. Diambil dari http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10165
Permendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016. Diambil dari https://bsnp-indonesia.org/ wp-content/uploads/2009/06/Permendikbud_Tahun2016_Nomor021_Lampiran.pdf
Prasetyo, Z. K., & Senam, W. (2011). Pengembangan Perangkat Pebelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.
Prisiska, R. N., Hapizah, H., & Yusuf, M. (2017). Pengembangan LKS berbasis Problem Based Learning Materi Aritmetika Sosial Kelas VII. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2033
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 8.
Sumarlina, C., Buyung, B., & Defitriani, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Discovery Learning pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 51–56. https://doi.org/10.33087/phi.v3i2.66
Ulfa, M. (2020). Problem Based Learning (PBL) Model dalam Melatih Sikap Mandiri Anak Luar Biasa. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 193–205. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.6702
Utami, N. W. (2015). Analisis Kesalahan Penyelesaian Masalah Matematika Siswa. Media Pendidikan Matematika, 3(2), 85–88. https://doi.org/10.33394/mpm.v3i2.1830
Wati, A. (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII MTsS Mhd Bunga Tanjung. IAIN Batusangkar. Diambil dari http://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/11742
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.