Peran Marketing Public Relations (MPR) dalam Membangun Brand Image Warunk Upnormal di Bandung
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjcs.v2i2.11331Keywords:
Peran, marketing public relations, brand imageAbstract
Marketing public relations Warunk Upnormal memiliki peran yang bertujuan untuk membangun brand image. Brand image dalam perusahaan kuliner adalah hal penting. Peran marketing public relation pun menjadi penting sebagai ujung tombak dalam mempertahankan konsumen agar loyal di tengah kompetisi yang semakin tinggi. Alasan penulis memilih tema ini karena Warunk Upnormal sangat jauh berbeda dengan warung mie Indomie lainnya, Warunk Upnormal dengan ciri khas menu makanan anak muda, yakni menggunakan pendekatan “Indomie” sangat tepat untuk mendekati pasar anak muda terutama pelajar dan mahasiswa. Warunk Upnormal berbeda dengan kafe modern, Warunk Upnormal memposisikan sebagai kafe yang sama dengan warung-warung Indomie lainnya namun dengan nuansa yang berbeda. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ialah marketing public relations dengan melakukan promosi melalui media sosial yaitu instagram dengan opinion leader, melakukan tekhnik word of mouth, melakukan event sebagai alat promo dan memberikan permainan-permainan tradisional di setiap outlet Warunk Upnormal.
References
Cutlip, S., Center, S., & Broom, G. (2011). Effective Public Relations. Jakarta: Prenada Media.
Dewi, Ike Janita. (2010). Creating And Sustaining Brand Equity: Aspek Manjerial Dan Akademis Dari Branding. Yogyakarta: Amara Books
Jefkins, F. (2014). Public Relations. Jakarta: Erlangga
Handayani, D. (2010). The Official MIM Academy Coursebook Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nawawi, H. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Putri, A. O. (2010) Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Membangun Brand Image Produk Kimbo: Studi Pada PT. Pangan Mitra Sejahtera. Skripsi IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Ruslan, R. (2010). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Setyoutami, L., Setyanto, Y., & Winduwati, S. (2016). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE ECO-TOURISM PULAU LOMBOK. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.33256.26883.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Komunikasiana: Journal of Communication Studies and published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).