Nilai Edukasi pada Aplikasi TikTok di Kalangan Remaja Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjcs.v0i0.14212Keywords:
TikTok, media sosial, nilai edukasi, persepsiAbstract
Aplikasi TikTok merupakan salah satu aplikasi yang sangat populer di kalangan remaja, berbagai macam konten dapat ditemukan di aplikasi TikTok, mulai dari konten hiburan hingga konten edukasi. Hal ini menjadikan aplikasi TikTok sebagai media informasi sekaligus mengedukasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi dari pengalaman informan terhadap konten edukatif di aplikasi TikTok. Dengan informan penelitian yaitu remaja yang di berada di kota Bandung. Penelitian ini menggunakan studi fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi TikTok memudahkan untuk mendapatkan konten edukasi, nilai-nilai edukasi yang terkandung memiliki manfaat yang luas, menjadikan aplikasi TikTok memiliki keunggulan dari segi kebutuhan informasi dan bentuk pemfilteran belum memiliki keamanan yang kuat karena aplikasi ini digunakan diberbagai belahan dunia sehingga memiliki peranan akan nilai kebijakan yang pada akhirnya harus digeneralisasi secara umum.
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Adikara, G. J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S., Wijayanto, X. A., Desiana, F., & Astuti, S. I. (2021). Aman Bermedia Digital (G. J. Adikara & N. Kurnia (eds.)). Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.
Afrilia, A. M. (2017). Penggunaan New Media Di Kalangan Ibu Muda Sebagai Media Parenting Masa Kini. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 1(1), 31–42.
Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2021). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora : Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(1), 11.
Axanta, V., & Purba, V. (2020). Pemaknaan Rasisme Dalam Film Green Book. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 226–238.
Bohang, F. K. (2018, July 5). Tik Tok Punya 10 Juta Pengguna Aktif di Indonesia. Www.Kompas.Com. https://pemilu.kompas.com/read/2018/07/05/09531027/tik-tok-punya-10-juta-pengguna-aktif-di-indonesia
Carolina, M., & Mahestu, G. (2020). Prilaku Komunikasi Remaja dengan Kecenderungan FoMo. Jurnal Riset Komunikasi, 11(1), 24.
Hadi, I. P. (2008). Penelitian Khalayak Dalam Perspektif Reception Analysis. Scriptura, 3(1), 1–7.
Hapsari, S. A., Pratiwi, M. R., & Indrayani, H. (2020). Konten Edukasi Pengasuhan Anak Melalui Media Online Komunitas Parenting Keluargakita.Com. International Conference Communication and Sosial Sciences (ICCOMSOS), 1(1), 12.
Hariansyah, M. (2018). Millenials “Bukan Generasi Micin.” Guepedia Publisher.
Hutamy, E. T., Swartika, F., Naila, A., Azisah, Q., Hasan, M., Ekonomi, P., Makassar, U. N., & Makassar, P. (2021). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 12.
Jayanti, F., & Arista, N. T. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence : Journal of Management Studies, 12(2), 205–223. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v12i2.4958
Ludwianto, B. (2020). Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet. Www.Kumparan.Com. https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full
Nasution, N. S., Musthofa, S. B., & Shaluhiyah, Z. (2021). Edukasi Pencegahan Covid-19 Dalam Media Sosial : Gambaran Konten Video Tiktok. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 180–187.
Nisa, U. (2017). Studi Resepsi Khalayak terhadap Pemberitaan Syariat Islam pada Kompas.com. Jurnal Komunikasi Global, 6(1), 74–89.
Susilowati. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.
Yayu, N., Anisti, A., Hidayat, D., & Suhadi, M. (2019). Pendekatan intercultural communication pada public relations PT Santos dalam membangun komunikasi empati. PRofesi Humas, 4(1), 1–22. https://doi.org/10.24198/prh.v4i1.18626
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Komunikasiana: Journal of Communication Studies and published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).