Representasi Profesional Public Relations pada Tokoh Bae Ta Mi dalam Drama Korea Search: WWW
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjcs.v4i2.21668Keywords:
Representasi, semiotika John Fiske, professional Public Relations, etika profesi, Bae Ta Mi, Search, WWWAbstract
Penelitian ini berfokus pada Representasi Profesional Public Relations Pada Tokoh Bae Ta Mi Dalam Drama Korea Search: WWW. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui representasi profesional Public Relations pada tokoh Bae Ta Mi dalam drama Korea Search:WWW dengan memanfaatkan sudut pandang kajian semiotika John Fiske. Hasil penelitian ini tokoh Bae Ta Mi memenuhi syarat profesional Public Relations dari ketiga level kajian semiotika John Fiske. Baik dari level realitas, representasi dan ideology. Tokoh Bae Ta Mi dapat merepresentasikan seorang profesional Public Relations. Dalam drama yang menggambarkan tentang kemajuan teknologi komunikasi di mana membahas tentang persaingan dua perusahaan portal web, Bae Ta Mi sebagai Public Relations yang bekerja di sana digambarkan berintegritas dan berkualitas
References
Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214
Barker, C. (2012). Cultural Studies dan Praktik. Kreasi Kencana.
Dewa, Putri, N. K. (2017). Etika Profesi dan Profesionalisme Public Relations. 1–14.
Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. LKiS.
Fiske, J. (2004). Cultural and Communication Studies. Jalasutra.
Hariyadin, N. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN Nasihudin dan Hariyadin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta , Indonesia INFO ARTIKEL Diterima Diterima dalam bentuk review 08 April 2021 Diterima dalam bentuk revisi r. 2(4), 733–743.
Jamil Bazarah, Ahmad Jubaidi, dan F. H. (2021). INDONESIA, KONSEP PELAYANAN PUBLIK DI Pelayanan, (Analisis Literasi Penyelenggaraan Indonesia). DEDIKASI, 22(2), 105–122.
Kriyantono. (2014). Teknik Praktik Riset Komunikasi. Prenada Media.
Lestari, Y. T., Setianti, Y., & Priyatna, C. C. (2019). Aktivitas Perhumas Indonesia Dalam Meningkatkan Profesionalisme Anggotanya Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). JRK (Jurnal Riset Komunikasi),9(1),91–112. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=t3WoDQcAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=t3WoDQcAAAAJ:kNdYIx-mwKoC
Munazir, A., Yuliati, N., & Fiske, J. (2019). Representasi Karakter Peran Public Relations Officer dalam Film The Publicist The Role Character Representation of Public Relations Officer in The Publicist ’ s diIndonesia dari tahun ke tahun , tampak dalam jumlah produksi film dan terlihat dari banyakny. Prosiding Hubungan Masyarakat, 804–811.
Mustafa, I. (2019). Konsep Brain, Beauty and Behavior (3B) Pada Profesi Public Relations. Avant Garde, 7(1), 105. https://doi.org/10.36080/avg.v7i1.853
Najwa, S. A. (2022). Elemen Humas dalam Drama Korea Search:WWW. Imogen. https://imogenpr.com/unsur-public-relations-dalam-drama-korea-search-www/
Neni, Y. (2004). Profesi Public Relations Identik dengan Perempuan. Jlimbar, xx.
Norisanti, N., & Jhoansyah, D. (2019). Optimalisasi Kemampuan Manajemen Dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal ADHUM, 1(1), 45.
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Patrianti, T. (2020). Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran. Kais, 1(1), 44–55. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/kais/article/view/6289
Permatasari, A. A., & Fahmi, H. (2020). Representasi Profesi Public Relations Pada Serial Tv Search:Www. Prosiding Hubungan Masyarakat, 149–152. http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22542
Putri, A. Y. (1978). THE IDES OF MARCH : REPRESENTASI ETOS KERJA SEORANG PUBLIC RELATION. 241–252.
Putri, I. P., Liany, F. D. P., & Nuraeni, R. (2019). K-Drama dan Penyebaran Korean Wave di Indonesia. ProTVF, 3(1), 68. https://doi.org/10.24198/ptvf.v3i1.20940
Rahmitha, khisma, Yani, R., & Nabila, P. (2021). Pentingnya Etika Public Relations Melalui Media Sosial Mengenai Kasus Pelecehan Seksual Di KRL Commuter Line. Sadida Islamic Communications Media, 1(1), 1–24.
Rianda, A. (2018). Etika humas pemerintah kabupaten aceh barat daya dalam menjalin hubungan dengan media cetak. 1–64.
Ridwan, F., & Adji, M. (2019). Representasi Feminisme Pada Tokoh Utama Dalam Film Crazy Rich Asian: Kajian Semiotika. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(2), 27–37. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v1i2.1282
Search: WWW. (2022). Daylicia.Com. https://www.dailysia.com/sinopsis-search-www-episode-1-16-lengkap/
Shim, D. (2006). Hybridity and the Rise of Korean Popular Culture in Asia. Media, Culture and Society. Repositori SchoolarBank@NUS, 28, 25–44.
Siti, K. (2011). Modul Perkuliahan Pengantar Public Relations. Universitas Mercu Buana.
Syifani. (2006). Penelitian good corporate governance pada perguruan tinggi (UII) dengan variabel penelitian Transparansy, Accountability, Responsibility, Independency, dan Fairness.
Tikka, G. (2018). Representasi Feminisme dalam Film “Namaku Siti” (Analisis Tekstual Alan McKee Pada Tokoh Siti) [Universitas Brawijaya Malang]. In Bitkom Research. http://forschungsunion.de/pdf/industrie_4_0_umsetzungsempfehlungen.pdf%0Ahttps://www.dfki.de/fileadmin/user_upload/import/9744_171012-KI-Gipfelpapier-online.pdf%0Ahttps://www.bitkom.org/ sites/default/files/ pdf/Presse/Anhaenge-an-PIs/ 2018/180607 -Bitkom
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Penerbit Ghalia Indonesia.
Yudarwati, G. A. (2013). Community Relations: Bentuk Tanggung Jawab Sosial Organisasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 1(2), 143–156. https://doi.org/10.24002/jik.v1i2.164
Yusva, K., Sari, S., & Asnawati. (2022). The Representation of Obsession in Korean Drama ( Study on the Movie “ Door Lock ”) Representasi Obsesi dalam Drama Korea ( Studi pada Film “ Door Lock ”). Jurnal Iso, 2(1), 27–34. doi: https://doi.org/10.53697/iso.v2i1
Zuhri, S. (2016). Etika Profesi Public Relations. Etika Profesi Public Relations, 1. http://eprints.upnjatim.ac.id/3058/1/public_relations.pdf
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Komunikasiana: Journal of Communication Studies and published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).