Strategi Branding Sembung Batik Kulon Progo dalam Menarik Minat Konsumen di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjcs.v4i2.21720Keywords:
Strategi, branding, minat KonsumenAbstract
Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) merupakan varian virus baru yang masuk ke Indonesia pada tahun 2021. Dalam rangka mengendalikan penyebaran wabah Covid-19, pemerintah mengambil tindakan untuk membatasi aktivitas masyarakat. Kebijakan yang ditetapkan pemerintah tersebut mengakibatkan penurunan aktivitas ekonomi yang berdampak pada beberapa produsen, salah satunya produsen kain Batik milik Sembung Kulon Progo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding yang digunakan oleh Sembung Batik Kulon Progo untuk menarik minat konsumen di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan sepuluh elemen branding: Brand Identity, Brand Positioning, Brand differentiation, Brand Communication, Brand Image, Brand Personality, Brand Equity, Brand Experience, dan Brand Gap. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data akan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sembung Batik Kulon Progo dapat menarik minat konsumen di era pandemi dengan memperhatikan hal-hal sederhana yang kemudian dijadikan media branding. Dari sepuluh elemen branding yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, Sembung Batik Kulon Progo memenuhi semua elemen branding yang ada. Dengan cara ini, Sembung Batik Kulon Progo memiliki branding yang kuat di pasaran, sehingga ketika salah satu brandingnya melemah, ada branding lain yang dapat menutupi kelemahan tersebut. Diharapkan penelitian ini akan memberikan informasi kepada khalayak luas mengenai ruang lingkup branding yang terjadi di lapangan.
References
Aji, F. H., & Semuel, P. D. H. (2015). Analisa Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Awareness dan Brand Satisfaction Brotherwood Decoration Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1), 1–10. https://media.neliti.com/media/publications/140369-ID-analisa-pengaruh-brand-identity-terhadap.pdf
Bakhtiar, A., & Jayanto, D. (2015). Analisis Elemen-Elemen Brand Equity Pada Produk Kartu Seluler Prabayar Simpati, Im3, Dan Xl Di Kalangan Mahasiswa S1 Universitas Diponegoro. Jurnal Teknik Industri, 10(3), 155–162. https://doi.org/10.12777/jati.10.3.155-162
Febriani, B. D. P. dan N. S. (2020). Strategi Branding Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. UB Press.
Fog, K., Budtz, C., Munch, P., & Blanchette, S. (2010). Storytelling: Branding in practice. Storytelling: Branding in Practice, 1–254.
Hananto, B. A. (2019). Identitas Visual Digital Brand Dalam Sosial Media. Seminar Nasional Desain Dan Arsitektur (SENADA) 2019, 2, 56–61.
Hutapea, D., Sutrisno, T., & Osiyo, D. (2018). Analisis Product Differentiation, price Decisions, Product Quality terhadap Kuatnya Motif Repeat purchase. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Informatika, 3, 209–221.
Istri, A. A., Dwijayanti, P., Agung, G., Suryawati, A., Nyoman, N., & Pascarani, D. (n.d.). Strategi Brand Communication PT. Puncak Keemasan Dunamis Indonesia dalam Membangun Awareness terhadap Produk Animasi Beakbug.
Jannah, M. P., Jannah, M., & Dosen Pengampu Mata kuliah Hak Kekayaan Intelektual STIH Labuhanbatu, M. (2018). PERLINDUNGAN HUKUM HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL (HAKI) DALAM HAK CIPTA DI INDONESIA Oleh. Jurnal Ilmiah "Advokasi, 06(02).
Kakerissa, M. B. A. R. dan A. L. (2015). ANALISA COMMUNICATION GAP ANTARA HARAPAN DAN LAYANAN AKTUAL. ARIKA, 09(2).
Kasman, & Amirulmukminin. (2021). Pengaruh Brand Personality terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Busana Az-Zahra Kabupaten Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1375–1380.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nanda Saputra, D. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Nasution, N. H., Hidayah, A., Sari, K. M., Cahyati, W., Khoiriyah, M., Hasibuan, R. P., Lubis, A. A., & Siregar, A. Y. (2021). Gambaran Pengetahuan Masyarakat Tentang Pencegahan Covid-19 Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, Kota Padangsidimpuan. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia, 4(2), 47–49.
Rika Solihah, Yayan Sugiarto, A. J. M. I. (2021). POSITIONING AKADEMI PARIWISATA NHI BANDUNG BERDASARKAN PERSEPSI SISWA-SISWI SMK PROGRAM PERHOTELAN DI KOTA BANDUNG. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2289–2298.
Rita. (2020). BRAND EXPERIENCE. https://bbs.binus.ac.id/gbm/2020/04/13/brand-experience/
Saptiningsih, F. M. dan T. (2020). School Branding: Strategi di Era Disruptif. PT Bumi Aksara.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RD. Alfabeta.
Utomo, I. W. (2017). PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND AWARENESS, DAN BRAND TRUST TERHADAP BRAND LOYALTY PELANGGAN ONLINE SHOPPING (Studi Kasus Karyawan Di BSI Pemuda). Komunikasi, VIII(1), 78. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/2327/1607
Voorveld, H. A. M. (2019). Brand Communication in Social Media: A Research Agenda. Journal of Advertising, 48(1), 14–26. https://doi.org/10.1080/00913367.2019.1588808
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Komunikasiana: Journal of Communication Studies and published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).