Interaksi pada Content Marketing TikTok @vieraoleholeh Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjcs.v4i2.25544Keywords:
Interaksi, content marketing, video pendek, TikTokAbstract
Membuat content marketing dan menyebarkannya di media sosial adalah cara mudah yang dilakukan saat ini untuk ajang promosi. Hal ini juga dilakukan oleh Viera Oleh-Oleh Pekanbaru dalam mempromosikan produk mereka melalui media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi yang berlangsung antara followers dan pemilik usaha pada content marketing video pendek Viera oleh-oleh Pekanbaru di TikTok. Dengan demikian akan terlihat budaya interaksi yang terbangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis Netnografi melalui 6 tahapan, yakni Inisiasi, Investigasi, Interaksi, Imersi, Integrasi dan Inkarnasi (komunikasi). Hasil dari penelitian ini adalah @vieraoleholeh melakukan promosi dengan membuat content marketing berupa storytelling tentang produk dan pengalaman usaha. Hal ini memberi kesan positif, apresiasi, dan kepercayaan pada @vieraoleholeh serta terbangun kedekatan antara followers dan pelaku usaha.References
Anggriyani, D. S. (2022). Content Marketing. UMKMINDONESIA..ID.
Chairina, A. D., & Lubis, E. E. (2020). Pengaruh Content Marketing di Instagram Stories @lcheesefactory terhadap Minat Beli Konsumen. JOM FISIP, 7(1).
Datamaya. (n.d.). 10 Tips Membuat Content Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online. Datamaya Consulting.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2018). The Sage Handbook of Qualitative Research (N. K. Denzin & Y. S. Lincoln, Eds.; Fifth). Sage Publications. https://doi.org/10.1007/s11229-017-1319-x
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu: Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71.
Dwi, E. (2020). Ingin Buat Video Pendek? Yuk, Cari Inspirasi dari 3 Video Pendek Ini! URBANASIA.
Fitriyani, F., Pada, A. T., & Yahya, A. F. (2022). Grit, Visi dan Tanggung Jawab Sosial Perempuan Pemilik Bisnis: Analisis Netnografi Konten Storytelling Pemasaran Mimilicious-Indonesia. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 389–403. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1426
Heinonen, K., & Medberg, G. (2018). Netnography as a tool for understanding customers: implications for service research and practice. In Journal of Services Marketing (Vol. 32, Issue 6, pp. 657–679). Emerald Group Holdings Ltd. https://doi.org/10.1108/JSM-08-2017-0294
Jannatin, R., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebriyanto, A. (2020). PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM. Jurnal Impact: Implementation and Action, 2(2), 1–14.
Jones, M. (2014). The Definitive Guide to Engaging Content Marketing. Marketo.
Kozinets, R. V. (2019). Netnography: The Essential Guide to Qualitative Social Media Research. SAGE.
Nasih, M., Susanto, O. M., Fanshury, A. R., & Hermawan, S. (2020). Influencer dan Strategi Penjualan: Studi Netnografi pada Pengguna Jasa Selebgram sebagai Media Promosi. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 135–144.
Nurhayati, N., & Islam, M. A. (2022). PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI DEDADO BATIK DI SURABAYA. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 3(2), 112–124. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/46488
Rizaty, M. A. (2022). Pengguna Tiktok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/internet/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia
Rizky, T. (2022). Cerita Bunda Viera, Perintis Usaha Rumah Kue Viera, Modal Awal Hanya Rp 14.500 . Tribun Pekanbaru Travel.Com.
Serra, A. (2019). STUDI NETNOGRAFI PADA AKSI BEAT PLASTIC POLLUTION OLEH UNITED NATIONS ENVIRONMENT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. JURNAL ASPIKOM, 3(6), 1109–1123.
The New York Times. (2022). Storytelling in Content Marketing The Ultimate Toolkit. NytLicensing.
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Komunikasiana: Journal of Communication Studies and published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).