Integrated Marketing Communication: Implementasi Portofolio dan Giveaway dalam Pemasaran Produk Icloth di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.24014/kjcs.v5i2.26561Keywords:
Integrated marketing communication, Instagram portfolio, giveawayAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk implementasi IMC atau komunikasi pemasaran terpadu melalui portofolio dan giveaway di akun Instagram usaha konveksi online ICloth, @iclothid. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian yang didapatkan adalah implementasi yang ICloth lakukan membuahkan hasil yang dimulai dari portofolio, ICloth berhasil mendapatkan kepercayaan konsumen melalui konten yang mereka tampilkan serta sikap konsistensi konten dengan menonjolkan kualitas produk yang kemudian menimbulkan adanya daya tarik hingga ke tahap interaksi dan pemesanan. Lalu giveaway, dengan ciri khas ICloth menggunakan kuis dan hadiah yang menarik mendapatkan respon berupa antusiasme yang besar, walaupun masih harus senantiasa diselenggarakan lagi karena engagement, viewers dan followers tidak terelakkan ICloth dapatkan. Sayangnya interaksi di publik dengan pelanggan dan followers masih menjadi tugas bagi ICloth kedepannya, yang akan diusahakan melalui konten komunikasi pemasaran yang sudah ada maupun yang sedang direncanakan kedepan hari.
References
Andriyanti, E., & Farida, S. N. (2022). Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo). Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, 11(2), 228–241. https://doi.org/https://doi.org/10.35957/forbiswira.v11i2.2237
Anggito, A. dan J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. In E. D. Lestari (Ed.), CV Jejak (Jejak Publisher). Sukabumi: CV Jejak. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_penelitian_kualitatif/59V8DwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=metodologi+kualitatif&printsec=frontcover
Atikawati, N., & Suwardi. (2019). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Uhuy Project. Jurnal Akuntansi Dan Pasar Modal, 2(1), 34–54. Retrieved from http://jurnal.bcm.ac.id/index.php/jma/article/view/15
Cahyono, E. A., & Ni’mah, Z. (2021). Wanprestasi Dalam Praktik Giveaway Sebagai Daya Tarik Konsumen Di Instagram Perspektif Hukum Bisnis Islam. Al Maqashidi, 4(2), 29–40. Retrieved from https://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/ALMAQASHIDI/article/download/515/360
Charistia, A. Y., & Yenny. (2020). Promosi jasa berbasis daring oleh elsphotography sub melalui instagram. Soetomo Communication and Humanities, 1(1), 32–45. https://doi.org/10.25139/sch.v1i1.2856
Dian Prajarini. (2020). Media Sosial Periklanan - Instagram. yogyakarta: DEEPUBLISH. Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Os0eEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=jurnal+periklanan+di+media+sosial&ots=F7h8GM2elK&sig=78VTRsiAjpG19eTAzUFh9Q5-WIk&redir_esc=y#v=onepage&q=jurnal periklanan di media sosial&f=false
Eko Winarni. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi Gojek. Majalah Ekonomi, 27(2), 35–47. https://doi.org/10.36456/majeko.vol27.no2.a6471
Fajruni, R. (2022). wawancara dengan Rizqi Fajruni. Dumai.
Fajruni, R. (2023a). Wawancara dengan Rizqi Fajruni “Bentuk Komunikasi Pemasaran ICloth” pada tanggal 5 Mei 2023.
Fajruni, R. (2023b). Wawancara dengan Rizqi Fajruni “Implementasi Konten Portofolio dan Giveaway di Instagram ICloth @iclothid” pada tanggal 5 Mei 2023. Dumai.
Gunawan, A. I., Februadi, A. C., & Permatasari, D. (2021). Proyek Meningkatkan Brand Awareness Forget Me Not Coffee Melalui Video Promosi di Instagram. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1144–1149. Retrieved from https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2897/2245
Halim, F. I., Suranto, B., & Paputungan, I. V. (2020). Implementasi Strategi Search Engine Optimization pada Startup AyoSparring. Jurnal Automata, 1(2), 1–6. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/15331
Hamzah, R. E., & Azhari, R. R. (2019). Konsep Integrated Marketing Communication Dalam Meningkatkan Brand Image Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(2), 181–193. Retrieved from https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/872/505
Handayani, F., & Adelvia, K. (2020). Instagram Tourism : Menciptakan Hype pada Destinasi Wisata ( Studi pada Akun @ Indoflashlight ). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 24(2), 105–118. https://doi.org/10.31445/jskm.2020.2856
Hapsari, M. T. (2020). Strategi Promosi Hapsari Scarf Melalui Instagram. Komversal: Jurnal Komunikasi Universal, 6(1), 66–88. https://doi.org/10.38204/komversal.v6i1.497
Herlina, R., Alfianty, M., & S., Y. S. (2020). Pemanfaatan Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Pada Wedding Photography Nesnumoto Bandung. Jurnal Beja, 1(1), 10. Retrieved from http://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/beja/article/view/95%0Ahttps://ejournal.umbandung.ac.id/index.php/beja/article/download/95/80
Irawan, R. E., & Fridha, M. (2017). Strategi Integrated Marketing Communication (IMC) Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness NET TV. Jurnal Untag Surabaya, 1(1), 720–740. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/iqra/article/view/5083
Ismail, M., & Murnisari, R. (2017). Analisis Afektivitas Strategi Integrated Marketing Communication guna Meningkatkan Kepuasan Konsumen CV Barisan Nyawiji Meubel Malang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 2(1), 93–106.
J Pangestu, G., Sunarya, E., & Mulia Z, F. (2022). The Role of Rebranding Strategy And Brand Image On Competitive Advantage On CV. Roughrebel Abadi Sukabumi. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(1), 287–295. Retrieved from http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Karim, A. M., Samaratungga, O., & Andrea, N. J. (2022). Eksistensi Fotografii Fesyen pada Busana Maharoepa By Rereziq Karim. Institusional Repository Institus Seni Indonesia Yogyakarta.
Kriyantono, R. (2006). Teknik praktis riset komunikasi (Pertama). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Teknik_Praktis_Riset_komunikasi/gI9ADwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&printsec=frontcover
Lestari, D. P. (2015). Analisis Strategi Internet Marketing Butik Online Di Surabaya Melalui Instagram. Jurnal Commonline Departemen Komunikasi, 4(2), 412–424. Retrieved from https://repository.unair.ac.id/17736/
Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revi). Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Magdalena, I., Saputri, A. E., Mutia, & Dara, S. D. (2020). Penilaian Berbasis Kelas dan Portofolio dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sdn Karang Tengah 2. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–341. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2
Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu (Edisi Pert). JAKARTA: PRENADAMEDIA GROUP.
Mujiati, D. W., Wibawa, B., Sylvia, C., & Purnamadani, T. H. (2020). Instagram: Integrated Marketing Communication (Imc) Sebagai Strategi Penjualan Bagi Make Up Artis (Mua). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 4(2), 211–224. https://doi.org/10.38043/jids.v4i2.2418
Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104. https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31319
Paramita, D. H. (2021). Upaya Assyifa Enterprise Wedding Organizer Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Instagram. 9. Retrieved from http://eprints.ubhara.ac.id/1047/
Prasetyo, W. E. (2022). Manajemen Data Digital: Analisis Efektifitas Dan Strategi Penggunaan Database Followers. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 12(2), 280–290. https://doi.org/10.37932/j.e.v12i2.600
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Salsabila, M., & Ratnasari, A. (2022). Promosi Produk Footwear di Instagram. Bandung Conference Series: Communication Management, 2(1), 319–323. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1776
Setiani, N. D., & Nuzulia, S. (2014). Efektivitas Personal Selling dan Sales Promotion dengan Sampel Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Social and Industrial Psychology, 3(1), 41–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/sip.v3i1.3732
Silviani, I., & Darus, P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrated Marketing Communication (IMC) (I. Silviani, Ed.). Surabaya: Scopindo Media Pustaka. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/STRATEGI_KOMUNIKASI_PEMASARAN_MENGGUNAKA/CTFAEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0&kptab=overview
Sinaga, E. M. (2020). Channel YouTube Untuk Meningkatkan Customer Engagement. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 607–610. Retrieved from https://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/507
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–48. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Syahmariz, A. (2023). Wawancara dengan Adrian Syahmariz “Proses Pembuatan Portofolio di Instagram ICloth @iclothid” pada tanggal 5 Mei 2023. Dumai.
Tim Stiletto Book dan Ranny Afandi. (2019). How to win Instagram - Google Books. In H. P. D. dan M. Arum (Ed.), Stiletto Book. yogyakarta: Stiletto Book. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/How_to_win_Instagram/qwntDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=instagram&pg=PA3&printsec=frontcover
Wijaya, S., & Yana. (2021). Pajak Penghasilan Atas Giveaway (Abdul, Ed.). Indramayu: Penerbit Adab. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Pajak_Penghasilan_Atas_Giveaway/tEwyEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=GIVEAWAY&pg=PA133&printsec=frontcover
Downloads
Published
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Komunikasiana: Journal of Communication Studies and published by Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau as publisher of the journal.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors automatically transfer the copyright to the journal and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY SA) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).