Persoalan Daya Saing Pendidikan Islam ditinjau dari Analisis Kebijakan Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v5i2.18972Keywords:
daya saing, pendidikan Islam, kebijakan pendidikanAbstract
Tulisan ini menguraikan kebijakan pendidikan di Indonesia dan menjelaskan pentingnya kebijakan, fungsi kebijakan, arah dan karakteristik kebijakan dalam pelaksanaan otonomi daerah. Pendekatan yang digunakan dalam presentasi ini bersifat deskriptif, dengan mengacu pada situasi hukum saat ini, tulisan-tulisan para profesional pendidikan, dan teori-teori terkait. Presentasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran singkat tentang kebijakan pendidikan Indonesia dan dapat digunakan sebagai dasar untuk penelitian yang lebih mendalam dan komprehensif tentang penyesuaian dan perubahan seiring dengan meningkatnya Age of Society 5.0. Hal ini menjadi keharusan bagi manajemen pendidikan untuk meningkatkan kualitas lulusan. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan upaya penguatan dan peningkatan peran sekolah.References
Akmalia, A. R., Adnan, M., & Taufiq, A. (2013). Evaluasi Kebijakan Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pemalang Pada Periode 2006-2010. Journal of Politic and Government Studies, 3(1), 51-65.
Anwar, M. E. (2017). Menelusuri Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 3(05).
Arief, M. (2022). Pendidikan Islam di Indonesia (Kajian Upaya Pemberdayaan Dan Rekonstruksi). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(4), 1377-1384.
Aziz, G. A., Rochaida, E., & Warsilan, W. (2016). Faktor faktor yang mempengaruhi kemiskinan di kabupaten kutai kartanegara. INOVASI, 12(1), 29-48.
Azra, A. (2002). Pardigma Baru Pendidikan Nasional: rekontruksi dan demokratisasi. Jakarta: Kompas.
Bana, K. L., & Pantur, F. (2013). Ande Agas: Si Bocah Nasi Kaget. Absolute Media.
De Winter, J. C., Happee, R., Martens, M. H., & Stanton, N. A. (2014). Effects of adaptive cruise control and highly automated driving on workload and situation awareness: A review of the empirical evidence. Transportation research part F: traffic psychology and behaviour, 27, 196-217.
Djadjuli, D. (2018). Peran pemerintah dalam pembangunan ekonomi daerah. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 8-21.
Fitrah, M. (2018). Urgensi sistem penjaminan mutu internal terhadap peningkatan mutu perguruan tinggi. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(01), 76-86.
Hadi, S., & Pianto, H. A. Menggali Peluang Usaha dengan Modal Kecil di Pedesaan. PROSIDING, 65.
Hakim, L. (2017). Penataan Pendidikan Islam Bermutu. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 17-27.
Halimah, S. (2018). integrasi nilai-nilai agama dan karakter Dalam kurikulum pendidikan guru Mengacu KKNI dan SNPT. Jurnal Tarbiyah, 24(2).
Heryanto, H. (2018). Pendidikan nasional di dalam abad globalisasi. Generasi kampus, 7(2).
Karo, T. K. (2019). Pemetaan Permasalahan Pendidikan Islam Di Indonesia Dan Langkah-Langkah Mengatasinya. WARAQAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 4(1), 18-18.
Ma’arif, A. S., & di Indonesia, P. I. (1991). Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Muhaemin, B. (2017). Kebijakan Pengembangan Pendidikan. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 1-14.
Permadi, Y. A., Purba, R. A., Saputro, A. N. C., Panggabean, S., Herlina, E. S., Kholifah, N., ... & Fauzi, A. (2021). Pengantar Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Purnamasari, D. (2017). Pendidikan karakter berbasis al-quran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 1-24.
Safira, N., & Wibowo, Y. H. (2021). Angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni sebagai indikator keberhasilan pendidikan indonesia. PAKAR Pendidikan, 19(2), 101-115.
Sanaky, H. A. (2006). Paradigma Pembangunan Pendidikan di Indonesia Pasca Reformasi antara Mitos dan Realitas. Dalam Jurnal Ilmuilmu Sosial Unisia, 62.
Sanaky, H. A. (2008). Permasalahan dan Penataan Pendidikan Islam Menuju Pendidikan yang Bermutu. el-Tarbawi, 1(1), 83-97.
Santriati, A. T. (2022). Kebijakan Pemerintah terhadap Perlindungan Hak Pekerja Freelance (Harian Lepas) di Indonesia. Opinia de Journal, 2(1), 46-69.
Silitonga, D. (2010). Aspek-aspek Politik, Ekonomi, Sosial dan Budaya dalam Pendidikan: Pendidikan dalam Perspektif Politik di Indonesia. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 13(3), 62-82.
Sintong, M. (2013). Kebijakan Berwawasan Kependudukan dan Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Geografi, 5(1), 17-30.
Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 6(2), 204-219.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 4(1).
Usa, Muslih, 1991, Pendidikan Islam di Indonesia, Antara Cita danFakta [Suatu Pengantar],Tiara Wacana, Yogyakarta
Yanuarti, E. (2016). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.