Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta

Authors

  • Oktavianti Nendra Utami Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdul Hopid Universitas Ahmad Dahlan
  • Dimas Urip Santoso Universitas Ahmad Dahlan
  • Alan Alifudin Alghozi Universitas Ahmad Dahlan
  • Khoirunnisa Endah Setiawati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.24014/potensia.v9i2.24893

Keywords:

Perkembangan, kurikulum, pendidikan

Abstract

Pengembangan kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013.  Pengembagan yang dilakukan oleh guru berupaya untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar, karena faktor utama peningkatan mutu pendidikan adalah kurikulum. Pengembangan kurikulum dikatakan berhasil ketika seorang guru mampu .Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui  pandangan guru pai di smkn 2 yogyakarta dalam pengembangan kurikulum 2013(K13) dan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data meliputi dua jenis, yaitu data primer berupa data fakta di lapangan yang diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui kajian sumber literatur berupa buku, jurnal, website, dan juga sumber literatur lainnya . subyek penelitian ini adalah seluruh Guru PAI di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan pengembagan kurikulum oleh guru PAI melalui kegiatan keagamaan seperti;  sholat Dhuha dan shalat berjamaah, Kegiatan rutin membaca Al Qur'an atau kitab, dan keputrian.

Author Biographies

Oktavianti Nendra Utami, Universitas Ahmad Dahlan

Abdul Hopid, Universitas Ahmad Dahlan

Dimas Urip Santoso, Universitas Ahmad Dahlan

Alan Alifudin Alghozi, Universitas Ahmad Dahlan

Khoirunnisa Endah Setiawati, Universitas Ahmad Dahlan

References

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Addahil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Islam : Tinjauan Epistimologi. Journal TA’LIMUNA, 8(2), 01. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.250

Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, & Dadang Anshori. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.

Hasyim. Farid. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Islam ; FilosofiPengembangan kurikulum transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013 (p. 24).

Mara Samin Lubis. (2016). Telaah Kurikulum. In Perdana Publishing.

Maria Dimova, C., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik.

Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016a). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.

Qalam, A., Keagamaan, J. I., Cimahi, S. M. K. W., Cimahi, S. M. K. W., Islam, P. A., Cimahi, S. M. K. W., Lokal, M., & Islam, P. A. (2023). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK WIRASWASTA CIMAHI Nurul Firdaus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Shinta Sri Pillawaty Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Syaefan Abdan Syakuro Universitas Islam Neger. 17(2), 1099–1107.

Rijal, F. (2018). Guru Profesional Dalam Konsep Kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3235

Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik. 1, 1–14.

Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru Pai Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah. Pendidikan Agama Islam, 11(2), 143–152.

Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx (Issue April).

Sukariyadi, T. . (2022). Manajem Kurikulum. Advanced Geography and Geographical Learning, 6(2), 113–116.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Utami, O. N., Hopid, A., Santoso, D. U., Alghozi, A. A., & Setiawati, K. E. (2023). Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 209–223. https://doi.org/10.24014/potensia.v9i2.24893

Issue

Section

Articles