Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Pengembangan Kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v9i2.24893Keywords:
Perkembangan, kurikulum, pendidikanAbstract
Pengembangan kurikulum PAI di SMK N 2 Yogyakarta menggunakan kurikulum merdeka dan kurikulum 2013. Pengembagan yang dilakukan oleh guru berupaya untuk meningkatkan keberhasilan proses belajar, karena faktor utama peningkatan mutu pendidikan adalah kurikulum. Pengembangan kurikulum dikatakan berhasil ketika seorang guru mampu .Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pandangan guru pai di smkn 2 yogyakarta dalam pengembangan kurikulum 2013(K13) dan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data meliputi dua jenis, yaitu data primer berupa data fakta di lapangan yang diperoleh melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui kajian sumber literatur berupa buku, jurnal, website, dan juga sumber literatur lainnya . subyek penelitian ini adalah seluruh Guru PAI di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan pengembagan kurikulum oleh guru PAI melalui kegiatan keagamaan seperti; sholat Dhuha dan shalat berjamaah, Kegiatan rutin membaca Al Qur'an atau kitab, dan keputrian.
References
Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280
Addahil, M. I. J. (2019). Problematika Pengembangan Kurikulum Di Lembaga Pendidikan Islam : Tinjauan Epistimologi. Journal TA’LIMUNA, 8(2), 01. https://doi.org/10.32478/talimuna.v8i2.250
Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. In Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Faradilla Intan Sari, Dadang Sunedar, & Dadang Anshori. (2022). Analisa Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 5(1), 146–151.
Hasyim. Farid. (2015). Kurikulum Pendidikan Agama Islam ; FilosofiPengembangan kurikulum transformatif antara KTSP dan Kurikulum 2013 (p. 24).
Mara Samin Lubis. (2016). Telaah Kurikulum. In Perdana Publishing.
Maria Dimova, C., & Stirk, P. M. R. (2019). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik.
Mukrimaa, S. S., Nurdyansyah, Fahyuni, E. F., YULIA CITRA, A., Schulz, N. D., غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2016a). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August), 128.
Qalam, A., Keagamaan, J. I., Cimahi, S. M. K. W., Cimahi, S. M. K. W., Islam, P. A., Cimahi, S. M. K. W., Lokal, M., & Islam, P. A. (2023). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK WIRASWASTA CIMAHI Nurul Firdaus Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Shinta Sri Pillawaty Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Syaefan Abdan Syakuro Universitas Islam Neger. 17(2), 1099–1107.
Rijal, F. (2018). Guru Profesional Dalam Konsep Kurikulum 2013. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 328. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3235
Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik. 1, 1–14.
Sanusi, H. P. (2013). Peran Guru Pai Dalam Pengembangan Nuansa Religius Di Sekolah. Pendidikan Agama Islam, 11(2), 143–152.
Sudarman. (2019). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. In file:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.docx (Issue April).
Sukariyadi, T. . (2022). Manajem Kurikulum. Advanced Geography and Geographical Learning, 6(2), 113–116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.