Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Peserta Didik Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v10i2.33228Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media pembelajaran berupa e-modul berbasis flipbook yang valid, praktis, efektif untuk lebih meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran PAI di SMAN 4 Kota Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan, khususnya pembuatan materi e-modul berbasis flipbook. Strategi pengumpulan data untuk penelitian dilakukan melalui tes dengan menjadikan kelas X.3 sebagai kelas uji coba (pemanfaatan e-modul berbasis flipbook) dan kelas X.7 sebagai kelas kontrol (pembelajaran biasa). Hasil dari penelitian yang dilakukan ini menunjukkan bahwa nilai Aiken's V untuk pakar materi adalah 0,918803 dengan tingkat legitimasi yang tinggi, dari pakar media nilai Aiken's V adalah 0,95935 dengan tingkat kevalidan yang tinggi, dan dari guru sebagai praktisi pendidikan nilai Aiken's V adalah 0,961538 dengan tingkat kevalidan yang tinggi. Hasil praktikalitas e-modul oleh guru PAI dengan nilai momen kappa kedua 0,98 tergolong sangat praktis dan hasil praktikalitas angket yang diisi peserta didik sebesar 0,99 tergolong sangat praktis. Selanjutnya dilihat dari hasil uji efektivitas, informasi skor postes peserta didik kelas eksperimen dan kontrol menunjukkan bahwa e-modul efektif dimanfaatkan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: E-Modul, Hasil Belajar, PAI
Abstract
The purpose of this research is to develop a learning media in the form of a flipbook-based e-module that is valid, practical, effective to further improve the learning outcomes of class X students in PAI subjects at SMAN 4 Payakumbuh City. The type of research used is Research and Development, specifically the making of flipbook-based e-module materials. The data collection strategy for the research was conducted through tests by making class X.3 as a test class (utilising flipbook-based e-modules) and class X.7 as a control class (ordinary learning). The results of the research conducted showed that the Aiken's V value for material experts was 0.918803 with a high level of legitimacy, from media experts the Aiken's V value was 0.95935 with a high level of validity, and from teachers as educational practitioners the Aiken's V value was 0.961538 with a high level of validity. The results of the practicality of e-modules by PAI teachers with a second kappa moment value of 0.98 are classified as very practical and the results of the practicality of questionnaires filled by students of 0.99 are classified as very practical. Furthermore, seen from the results of the effectiveness test, information on the post-test scores of experimental and control class students shows that e-modules are effectively used in learning.
Keywords: E-Modules, Learning Outcomes, Islamic EducationReferences
Book
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)
Cecep Kustandi, Deddy Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2020)
Komara, Endang, Belajar Dan Pembelajaran Interaktif (Bandung: PT Refika Aditama, 2017)
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif—Progresif (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010)
Scientific Journal
Anak Agung Meka Maharcika, Ni Ketut Suarni, and I Made Gunamantha, ‘Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas Iv Sd/Mi’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5.2 (2021), 165–74 <https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240>
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: Rajawali Pers, 2017)
Audie, Nurul, ‘Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019, II, 586–95
Cecep Kustandi, Deddy Darmawan, Pengembangan Media Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2020)
Irna Andriati, Zulfani Sesmiarni, dan Armanida, ‘Impelementasi Pendekatan Scientific Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar’, JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 2.2 (2017), 147
Iswantir, PENDIDIKAN ISLAM Sejarah, Peran Dan Kontribusi Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Bandar lampung: AURA (CV. Anugrah Utama Raharja, 2019)
Komara, Endang, Belajar Dan Pembelajaran Interaktif (Bandung: PT Refika Aditama, 2017)
Mulyadi, ‘Pengembangan Media Flash Flipbook Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta didik Dalam Pembelajaran IPA Di SMP’, Jurnal Pembelajaran Fisika, 4.4 (2016), 296–301
Neng Nenden Mulyaningsih, Dandan Luhur Saraswati, ‘Penerapan Media Pembelajaran Digital Book Dengan Kvisoft Flipbook Maker’, Jurnal Pendidikan Fisika, 5.1 (2017), 25–32
Rahma Diani, Niken Sri Hartati, ‘Flipbook Berbasis Literasi Islam : Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Dengan 3D Pageflip Professional’, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4.2 (2018), 234–244
Restiyowati, Illa, ‘Pengembangan E-Book Interaktif Pada Materi Kimia Semester Genap Kelas XI SMA’, Unesa Journal Of Chemical Education, 1.1 (2012), 130–35
Resy Anggraini, Menza Hendri, dan Fibrika Rahmat Basuki, ‘Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Gerak Melingkar Untuk SMA/MA Kelas X’, Artikel Imilah Universitas Jambi, 1.4 (2014), 1–11
Salmiwati, ‘Konsep Belajar Dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Murabby, 2.1 (3019), 34–45
Salsabela, Tasya, Lucia Tri Pangesthi, Mauren Gita Miranti, Niken Purwidiani, Pendidikan Tata Boga, and Universitas Negeri Surabaya, ‘Jurnal Tata Boga Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Soup’, 11.2 (2022), 128–39 <https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/>
Setiyani, S. B. Waluya, Y. L. Sukestiyarno, and Adi Nur Cahyono, ‘E-Module Design Using Kvisoft Flipbook Application Based on Mathematics Creative Thinking Ability for Junior High Schools’, International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16.4 (2022), 116–36 <https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.25329>
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif—Progresif (Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010)
Wedra Aprison, Aminuddin, ‘Kreativitas Guru Dan Kemampuan Mengelola Kelas Terhadap Pendidikan Agama Islam’, Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7.2 (2021), 125
Zakir, Supratman, Efmi Maiyana, Agus Nur Khomarudin, Rina Novita, and Mayuti Deurama, ‘Development of 3D Animation Based Hydrocarbon Learning Media’, in Journal of Physics: Conference Series, 2021, MDCCLXXIX, 1–8 <https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012008>
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.