Peran Teacher Autonomy Support terhadap Engagement Siswa melalui Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dasar

Authors

  • Meilani Rohinsa
  • surya Cahyadi
  • Achmad Djunaidi
  • Zulrizka Iskandar

DOI:

https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7423

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi apakah pemenuhan kebutuhan psikologis dasar memediasi pengaruh teacher autonomy support terhadap engagement. Responden dalam penelitian ini 213 siswa SMA (Wanita=126, 59.2%; M = 87, 40.8%). Usia responden antara 15-18 tahun dengan mean 15.41 (SD=0.53). Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner Autonomy support, Feeling I Have  dan Engagement. Data dianalisis dengan uji regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan pemenuhan kebutuhan psikologis dasar memediasi pengaruh teacher autonomy support terhadap engagement. Implikasi dari temuan ini bahwa guru harus menyadari bahwa setiap siswa memiliki kebutuhan psikologis dasr yang dapat dipenuhi oleh perlakuan guru berupa autonomy support dan hal ini akan membentuk engagement siswa terhadapa aktivitas belajar di kelas.

Keyword

Teacher autonomy support, Pemenuhan kebutuhan psikologis dasar, Engagement

Published

2019-12-16

How to Cite

Rohinsa, M., Cahyadi, surya, Djunaidi, A., & Iskandar, Z. (2019). Peran Teacher Autonomy Support terhadap Engagement Siswa melalui Pemenuhan Kebutuhan Psikologis Dasar. Jurnal Psikologi, 15(2), 121–129. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7423