Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Darmawanty Berasa Guru SD Negeri 006 Sari Makmur, Pelalawan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10250

Keywords:

Think Pair Share, Hasil Belajar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPA di SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan masih belum dilaksanakan sepenuhnya sesuai dengan tuntutan KTSP, hal ini menyebabkan hasil belajar rendah dan tidak mencapai KKM. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan kelas V SDN 006 Sari Makmur Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, pada semester Ganjil (1) bulan april s/d juni 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 006 Sari Makmur  Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan  dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 perempuan. Setelah dilaksanakan penerapan pembelajaran kooperatif tipe think pair share hasil belajar siswa lebih tinggi dari pada sebelumnya. Hasil belajar yang Dianalisis adalah nilai rata-rata, ketuntasan individu dan klasikal. Peningkatan hasil belajar dari skor dasar ke siklus I dari rata-rata 62,29 menjadi 70,20 dengan peningkatan sebesar 12,69%. Sedangkan dari skor dasar ke siklus II meningkat sebesar 35,10% dari 62,29 menjadi 84,16. Ketuntasan klasikal juga meningkat dan mencapai KKM. Berdasarkan hasil analisa data, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran tipe think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 006 Sari Makmur  Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Peningkatan hasil belajar terlihat pada nilai rata-rata, aktifitas guru juga mengalami peningkatan

Downloads

Published

2020-07-11