Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10254Keywords:
Alat Peraga, Aktivitas Guru. Aktivitas Siswa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Perbaikan pembelajaran dilaksanakan pada siswa kelas VI SD Negeri 018 Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian pada tanggal 20 Maret 2017 untuk siklus pertama sedangkan pada tanggal 27 Maret 2017 adalah pelaksanaan siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian penerapan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 018 Sungai Buluh kecamatan singingi hilir tahun ajaran 2016/2017. Keberhasilan ini disebabkan oleh adanya penggunaan alat peraga yang diterapkan saat proses pembelajaran sehingga aktivitas siswa dalam belajar menjadi lebih aktif. Pada kegiatan pembelajaran siklus pertama untuk kategori aktivitas guru hanya mencapai kategori belum sempurna dan hanya mencapai skor 27 sedangkan untuk aktivitas siswa hanya 118 yang berarti masuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada kegiatan pembelajaran siklus kedua terjadi penigkatan aktivitas, baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Untuk kategori aktivitas guru telah mencapai mencapai sempurna karena telah mencapai skor 32 sedangkan untuk aktivitas siswa meningkat menjadi 128 yang berarti masuk dalam kategori sempurnaDownloads
Published
2020-07-11
Issue
Section
Articles