Penggunaan Alat Peraga dan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan IPS pada Siswa

Authors

  • * Wasni Guru SD Negeri 018 Sungai Buluh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10257

Keywords:

Alat Peraga, Media Gambar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas VI SD Negeri 018 Sungai Buluh dengan menggunakan alat peraga dan media gambar. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SD Negeri 018 Sungai Buluh Singingi Hilir pada kelas VI yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pembelajaran Matematika dilaksanakan pada tanggal 21 April 2009 untuk siklus I dan tanggal 27 April 2009 untuk siklus II sedangkan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dilaksanakan pada tanggal 22 April 2009 untuk siklus I dan tanggal 30 April 2009 untuk siklus II. Dari hasil penelitian diperoleh hasil bahwa pada pembelajaran Matematika sebelum pelaksanaan perbaikan pembelajaran siswa yang mencapai KKM hanya 10 orang siswa (33,33%) dari 30 orang siswa. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus I siswa yang mencapai KKM 18 orang siswa (60%) dari 30 orang siswa dan masih terdapat 12 orang siswa (40%) yang belum mencapai KKM. Dan setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 24 orang siswa (80%) dari 30 orang siswa dan hanya 6 orang siswa (20%) yang belum mencapai ketuntasan. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial sebelum pelaksanaan perbaikan pembelajaran siswa yang mencapai KKM hanya 12 orang siswa dari 30 orang siswa dan yang tidak tuntas ada 18 orang siswa. Setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran pada siklus I siswa yang mencapai KKM 18 orang siswa (60%) dari 30 orang siswa dan masih terdapat 12 orang siswa (40%) yang belum mencapai KKM. Dan setelah pelaksanaan perbaikan pembelajaran pada siklus II siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 30 orang siswa (100%) dari 30 orang siswa dan tidak ada siswa (0%) yang belum mencapai ketuntasan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Sosial

Downloads

Published

2020-07-11