Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar

Authors

  • * Darlina Guru SD Negeri 019 Logas Kecamatan Singingi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10258

Keywords:

Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujun untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigasi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 013 Sukamaju pada tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik dalam bentuk tes hasil belajar. Data tentang aktivitas siswa dan guru dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai siswa semakin meningkat setelah dilakukan perbaikan pembelajaran. Pada data awal ada 15 orang siswa yang belum mencapai KKM, pada siklus I menurun menjadi 11 orang siswa dan pada siklus II terjadi penurunan kembali menjadi 5 orang siswa. Dengan menurunnya jumlah siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM maka jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KKM akan semakin meningkat. Oleh sebab itu nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan untuk setiap siklusnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 013 Sukamaju Kecamatan Singingi Hilir tahun pelajaran 2008/2009 pada materi pokok operasi hitung pecahan

Downloads

Published

2020-07-11