Minat Siswa Terhadap Pelaksanaan Permainan Kecil Dalam Proses Belajar Mengajar Penjasorkes di Sekolah Dasar

Authors

  • * Martapen Guru SD Negeri 007 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10261

Keywords:

Minat Siswa, Pelaksanaan Permainan Kecil

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana minat siswa terhadap pelaksanaan permainan kecil dalam proses belajar mengajar penjasorkes di SD Negeri 07 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Permasalahan yang ditemui dilapangan masih ada siswa yang kurang serius dalam pelaksanaan permainan kecil. Populasi dalam penelitian ini adalah 184 siswa dari kelas I – VI di SD Negeri 07 Tanjung Kecamatan Hulu Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi. Teknik pengambilan sampel diambil dengan teknik purposive random sampling yaitu sebanyak 70 orang yang terdiri dari siswa kelas V dan kelas VI. Pengambilan data dilakukan dengan cara membagikan angket yang diklasifikasikan dengan menggunakan skala guttman dan dirancang sedemikian rupa sehingga dalam upaya memperoleh informasi yang lebih objektif dari responden. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisa deskriptif melalui distribusi frekuensi dengan menghitung presentase. Dari analisis data diperoleh hasil bahwa minat siswa dalam pelaksanaan permainan kecil dalam proses belajar mengajar berada pada tingkat pencapian responden 92,44% yaitu pada kategori sangat baik. Permainan kecil yang diterapkan dalam proses belajar mengajar berada pada tingkat pencapian responden 87,75% yaitu pada kategori sangat baik

Downloads

Published

2020-07-11