Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Metode Penemuan pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar

Authors

  • * Iswati Guru SD Negeri 013 Petai Baru Kecamatan Singingi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10290

Keywords:

Metode Penemuan, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada kelas V SD Negeri 013 Petai Baru Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 20 orang siswa dengan tujuan untuk meningkatkan hasul belajar siswa dengan menerapkan metode penemuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan penemuan ada pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Adapun kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data penelitian tersebut adalah dengan melalui tes uraian dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest dari siklus pertama dengan nilai rata-rata 5,6 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,6 (nilai post tes). Pada siklus kedua juga terlihat dalam hasil post tes dengan rata-rata 5,95 meningkat setelah diadakan tindakan menjadi 6,95. Dari data tersebut terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 1,00. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan penerapan metode penemuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Downloads

Published

2020-07-11