Meningkatkan Kemampuan Menghitung Perkalian dengan Media Kalkulator Jari pada Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10295Keywords:
Media Kalkulator Jari, Kemampuan Menghitung PerkalianAbstract
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menelusuri dan mendapatkan gambaran secara jelas tentang situasi kelas dan tingkah laku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Negeri 013 Petai Baru Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi dengan jumlah siswa 49 orang siswa yang terdiri dari 24 siswa putra dan 25 siswa putri. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli 2012 samapai dengan bulan Agustus 2012 semester I. Pada penelitian ini diterapkan penggunaan media kalkulator jari untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung perkalian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan pada tindakan siklus pertama dan siklus kedua, penggunaan media kalkulator jari dapat meningkatkan kemampuan hitung siswa dan meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan rasa kerjasama siswa dalam menyelesaikan kerja kelompok. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media kalkulator jari efektif digunakan sebagai media pembelajaran matematika di tingkat Sekolah DasarDownloads
Published
2020-07-11
Issue
Section
Articles