Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual (CTL) pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24014/suara%20guru.v4i3.10297Keywords:
Pendekatan Kontekstual (CTL), Aktivitas Siswa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN 005 Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016, yaitu dari bulan Juli sampai dengan bulan September 2015. Berdasarkan hasil observasi diperoleh data bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II untuk setiap indikatornya. Sedangkan untuk hasil belajar juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa hanya 21 siswa (65,6%) yang tuntas sedangkan 11 orang siswa (34,4%) siswa yang belum tuntas. Hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan bahwa dari 32 orang siswa ada 28 siswa (87,5%) yang tuntas sedangkan 4 orang siswa (12,5%) siswa yang belum tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil belajar pada siklus I. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VI SDN 005 Teberau Panjang Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan SingingiDownloads
Published
2020-07-11
Issue
Section
Articles