The Influence of Fitrah Based Learning on Strengthening the Character of Students
DOI:
https://doi.org/10.24014/potensia.v9i1.23278Kata Kunci:
Fitrah Based Learning, Penguatan Karakter MahasiswaAbstrak
Pendidikan yang tidak berangkat dari fitrah manusia akan gagal melahirkan generasi yang memiliki peran spesifik terbaik dalam peradaban. Untuk mengatasi persoalan kepribadian anak bangsa tersebut penguatan pendidikan karakter merupakan pintu masuk untuk melakukan pembenahan secara menyeluruh terhadap Pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fitrah based learning terhadap penguatan karakter mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif yang akan mengkaji pengaruh “Fitrah Based Learning” dalam pembelajaran dan pengaruhnya terhadap penguatan karakter mahasiswa, Penelitian ini di lakukan pada bulan Januari-Februari 2023 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Teknik pengambilan sempel menggunakan teknik random sapling dengan jumlah sampel 333 responden. Data yang di gunakan adalah data primer dengan menyebarkan angket. Analisa data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan SPSS. Hasil penelitian variabel pelaksanaan fitrah based learning moyoritas sangat baik sebanyak 74% dan variabel karekter mahasiswa mayoritas sebanyak 77%. Hasil uji Regresi Linier diperoleh nilai koefesien korelasinya sebesar 0,457 dan nilai p-value (sig.) sebesar 0,000. Karena nilai p-value = 0,00 lebih kecil dari nilai α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Fitrah Based Learning terhadap terhadap penguatan karakter mahasiswa.Referensi
Atriyanti, Y. (2020). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 368–376. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/574
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Aziz, A., & Mubin, F. (2021). Tafsir Tarbawī: Wacana Khalifah Dan Khilāfah Dalam Reformasi Pendidikan Islam Holistik. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 21(01), 127–153. https://doi.org/10.53828/alburhan.v21i01.223
Bakar, R. (2018). The influence of professional teachers on Padang vocational school students' achievement. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(1), 67-72.
Burhanuddin, A., Huda, N., Khoeroni, F., Miftah, M., Musawamah, M., Farmawati, C., ... & Choir, A. (2021). Ki Hadjar Dewantara's Thought About Holistic Education. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(10), 589-611.
Eni, S. angga. (2021). Peran Keluarga Dalam Mendidik Anak. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 104–113. https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i2.86
Gardner, M., & Tillotson, J. W. (2019). Interpreting integrated STEM: Sustaining pedagogical innovation within a public middle school context. International Journal of Science and Mathematics Education, 17, 1283-1300.
Hadi Purnomo, M. (2016). Pendidikan Islam (Integrasi Nilai-nilai Humanis, Liberasi dan Transendensi: Sebuah Gagasan Paradigma Baru Pendidikan) (Asnawan (ed.); Revisi). Absolute Media.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59. https://doi.org/10.21831/foundasia.v11i2.26933
Julaiha, S. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Dinamika Ilmu, 14(2), 226–239. https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. www.journals.mindamas.com/index.php/sipatahoenan
Munir, A. (2019). Pendidikan Karakter. Pedagogia.
Pamungkas, O. Y., Widodo, S. T., Suyitno, S., & Endraswara, S. (2021). Javanese cosmology: Symbolic transformation of names in javanese novels. HTS Teologiese Studies/Theological Studies, 77(4), 6593.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.
Ramadlan, R. W. (2022). Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Semarang. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 5(1), 17–30.
Santosa, H. (2017). Fitrah Based Education. Yayasan Cahaya Mutiara Timur.
Shaari, S., & Matore, M. E. E. M. (2020). Recent Study on Emphasizing the Concept of Spiritual Intelligence from Islamic and Western Perspectives on Multiple Intelligence. New Horizons in Education and Social Studies, 123.
Sholichah, A. S. (2019). Konsepsi Pendidikan Anak Berbasis Fitrah dalam Perspektif al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 1(2), 69–86. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i2.11
Sugiarti. (2022). Sistem Pengelolaan Pendidikan Taman Kanak-Kanak Widya Kencana Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah ( Managemen System of Widya Kencana Kindergarten Education in Mekar Kencana Village Toili District Banggai Regency Central Sulawesi Province ). Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 13, 54–66.
Suprayogi, S., & Eko, P. B. (2020). The Implementation of Virtual Exhibition Project in English for Tourism Class for University Students. Academic Journal Perspective: Education, Language, and Literature, 8(2), 87-97.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.