Efektivitas Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Psikologi Eksperimen Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau

Authors

  • Hijriyati Cucuani
  • Linda Aryani
  • Anggia Kargenti Evanurul Marettih
  • Ahyani Radhiani Fitri

DOI:

https://doi.org/10.24014/jp.v8i2.192

Keywords:

metode pembelajaran, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas PsikologiUIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar Psikologi Eksperimen dan SPM. Teknik analisa data yang digunakan adalah one-way anova. Hasil analisa data menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran dengan prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska, yang ditunjukkan dengan F sebesar 10.759, p= 0.000 (p<0.05). Dari tiga metode pembelajaran yang diberikan (ceramah, diskusi, belajar mandiri), berdasarkan gain score perbandingan skor pretest dan posttest dapat dilihat bahwa metoda Diskusi adalah yang paling efektif meningkatkan prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.

Author Biographies

Hijriyati Cucuani

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Linda Aryani

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Anggia Kargenti Evanurul Marettih

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Ahyani Radhiani Fitri

Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

References

Alipandie, I, 1984, Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.

Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Bastian, A.R. (2002). Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Latipun, 1996. Psikologi Eksperimen. Melang: UMM Press

Roestiyah, (1989), Didaktik Metodik, PT. Bina Aksara, Jakarta.

Seniati, Yulianto, Setiadi, 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks

Shobur, Alex, 2004. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Stenberg, R.J., Swerling L.S., 1996. Teaching for Thinking. Washington: American Psychological Association.

Sudjana, Nana, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryosubroto, B. 1997. Proses belajar mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Syah Muhibbin, (2002). Psikologi pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tri Hendardi, Cornelius, 2005. Step by Step SPSS 13 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tarmudji, T. 1994. Metode Dan Media penyajian Materi. Yogyakarta : Liberty.

Downloads

Published

2012-12-01

How to Cite

Cucuani, H., Aryani, L., Evanurul Marettih, A. K., & Fitri, A. R. (2012). Efektivitas Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Psikologi Eksperimen Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau. Jurnal Psikologi, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.24014/jp.v8i2.192