Peran Pelatih Dalam Membimbing Atlet Tunagrahita Di Special Olympics Indonesia (Solna) Riau

Authors

  • Novera Famelia
  • Linda Aryani

DOI:

https://doi.org/10.24014/jp.v7i1.5451

Abstract

Penelitian kualitatif bertujuan untuk mengetahui peran pelatih dalam membimbing atlet tunagrahita di Special Olympic (SOlna) Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan observasi sistematik. Teknik analsiis data pada penelitian ini mengkombinasikan anatara tekniuk analsisa fenomenologi yang telah dimodifikasi dengan metode Steviek-Colaizzi-Keen dari analsiis Moustakas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatih SOLna memiliki peranan yang sangat kompleks, yaitu bisa sebagai teman atau sahabat, orangtua atau keluarga, pendidik, perawat, dan dokter. Peran pelatih SOlna ini dadapat terlihat ketika melatih dan mendampingi atlet tunagrahita saat bertanding. Hasil penelitian ini menunkuukan bahwa peran peran pelatih SOLna dipengaruhi oleh strategi melatih, tugas pelatih, dan cara pelatih memotivasi atlet tnagrahita.

Downloads

Published

2018-07-24

How to Cite

Famelia, N., & Aryani, L. (2018). Peran Pelatih Dalam Membimbing Atlet Tunagrahita Di Special Olympics Indonesia (Solna) Riau. Jurnal Psikologi, 7(1), 62–70. https://doi.org/10.24014/jp.v7i1.5451

Issue

Section

Articles