Perbedaan Kecerdasan Interpersonal Pada Remaja dengan Orangtua Lengkap dan Tidak Lengkap
DOI:
https://doi.org/10.24014/jp.v12i1.3004Abstract
Kecerdasan interpersonal adalah kecerdasan yang meliputi kemampuan untuk mengenali dan membuat perbedaan antara perasaan, kepercayaan, keinginan orang lain, mampu menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, dan mempertahankan relasi yang telah dibangun. Setiap remaja memiliki latar belakang keluarga yang berbeda, ada remaja yang memiliki orangtua lengkap dan tidak lengkap. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perbedaan kecerdasan interpersonal pada remaja yang memiliki orangtua lengkap dengan dan tidak lengkap, dan mengetahui bagaimana kecerdasan interpersonal yang memiliki orangtua lengkap dengan yang tidak lengkap. Subjek dalam penelitian ini adalah remaja yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berada di Kecamatan Sungai Batang berjumlah 185 subjek yang terdiri dari 100 remaja yang memiliki orangtua lengkap dan 85 remaja yang memiliki orangtua tidak lengkap. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan yaitu Independen Sampel T-Tes. Pada hasil uji hipotesis diketahui uji t hitung sebesar 6,394 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat perbedaan kecerdasan interpersonal pada remaja yang memiliki orangtua lengkap dan tidak lengkap. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, remaja orangtua lengkap dengan remaja orangtua tidak lengkapReferences
Amsrong. (2002), Setiap Anak Cerdas:
Panduan Membantu anak Belajar
Dengan Memanfaatkan Multiple
Intelligencesnya, ter, Rina Buntara,
Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Anderson, M. (1999). The Development Of
Intelligence. Uk. Psychological Pers.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian,
Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta.
PT Renika Cipta.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian,
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.
PT Rineka Cipta.
A Rozali, Yuli. (2015). Kecerdasan Interper-
sonal Remaja Ditinjau Dari Penerapan
Pola Asuh Orangtua. Psycholog,
Forum UMM ISBN: 978-979-976-324-
, Universitas Esa Unggul. Jakarta.
Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas.
Yogyakarta: PustakaPelajar.
-------. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
---------. (2012). Penyusunan Skala Psikologi.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
A’yuni,Quratul (2010). Perbedaan Tingkat
arsetivitas antara Siswa dari Keluarga
Lengkap dengan Siswa dari
Keluarga Single Parent di SMK Negeri
Pakong Pamekasan Madura.
Universitas Islam Negeri Maualana
Malik Ibrahim, Malang.
Budi Dwi L (2010). Agresifitas Remaja yang
Memiliki Orang Tua Tunggal (Single
Parent) Wanita. Universitas
Gunadarma.
Dagun, S (2002). Psikologi Keluarga.
Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Gowi, Abdul. (2011). Pengaruh latihan asertif
terhadap perilaku kekerasan orang
tua pada anak usia sekolah di
kelurahan tanjung pura kabupaten
karawang. Depok : Tesis Psikologi UI.
Gozali. (2011). Kecerdasan Intrapersonal
Menurut Para Ahli.http://gozali
gunadarma. blogspot.com/2011/11/
pengertian-kecerdasan-interpersonal.
html. Jum’at 24 Mei 2013 10:30.
Isnaini Ismi M, (2013). Perbedaan Harga
Diri (Self Esteem) Remaja Ditinjau
Dari Keberadaan Ayah. Jurnal
Psikologi, Vol 9 No 2
Kiftirul, Aziz,Dkk, (2010). Hubungan Antara
Kecerdasan Interpersonal, Berpikir
Kreatif, dan hasil Menulis Siswa kelas V SD Negeri di Kabupaten Kebumen.
UniversitasNegeri Sebelas Maret.
Misbach, I, H. (2010).Dahsyatnya Sidik
Jari, Jakarta: Visimedia.
Muniroh, MS. (2010). Pengembangan
Kecerdasan Interpersonal Anak.
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri:
Artikel. Pekalongan.
Purnama Ayu S. (2007). Hubungan Antara
Kecerdasan Interpersonal Remaja
Dengan Efektivitas Komunikasi Pada
Orangtua Pada Mahasiswa Fakultas
Psikologi Angkatan 2004-2006
Universitas Islam Negeri (UIN)
Malang. Malang, Skripsi. Fakultas
Psikologi Universitas Islam Negeri
(UIN) Malang.
Safaria.(2005). Interpersonal Intelligence.
Yogyakarta: Amara Books.
Sugiyono. (1994). Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: CV. Alfabeta
Yusuf, S. (2011). Psikologi Remaja;
Perkembangan Peserta Didik.
Jakarta: Bumi Aksara.