Efektivitas Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Psikologi Eksperimen Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau
DOI:
https://doi.org/10.24014/jp.v8i2.192Keywords:
metode pembelajaran, prestasi belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas PsikologiUIN Suska Riau. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes prestasi belajar Psikologi Eksperimen dan SPM. Teknik analisa data yang digunakan adalah one-way anova. Hasil analisa data menunjukkan terdapat pengaruh metode pembelajaran dengan prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska, yang ditunjukkan dengan F sebesar 10.759, p= 0.000 (p<0.05). Dari tiga metode pembelajaran yang diberikan (ceramah, diskusi, belajar mandiri), berdasarkan gain score perbandingan skor pretest dan posttest dapat dilihat bahwa metoda Diskusi adalah yang paling efektif meningkatkan prestasi belajar Psikologi Eksperimen pada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.References
Alipandie, I, 1984, Didaktik Metodik Pendidikan Umum. Surabaya : Usaha Nasional.
Seniati, L., Yulianto, A., & Setiadi, B.N. (2005). Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.
Bastian, A.R. (2002). Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Lappera Pustaka Utama.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Latipun, 1996. Psikologi Eksperimen. Melang: UMM Press
Roestiyah, (1989), Didaktik Metodik, PT. Bina Aksara, Jakarta.
Seniati, Yulianto, Setiadi, 2005. Psikologi Eksperimen. Jakarta: PT. Indeks
Shobur, Alex, 2004. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Stenberg, R.J., Swerling L.S., 1996. Teaching for Thinking. Washington: American Psychological Association.
Sudjana, Nana, 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, B. 1997. Proses belajar mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Syah Muhibbin, (2002). Psikologi pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tri Hendardi, Cornelius, 2005. Step by Step SPSS 13 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Tarmudji, T. 1994. Metode Dan Media penyajian Materi. Yogyakarta : Liberty.