Efek Intervensi Pemaafan Konseling Pada Anak-Anak Yang Terluka Dalam Hubungan Interpersonal
DOI:
https://doi.org/10.24014/jp.v9i2.173Kata Kunci:
ntervensi pemaafan, emosi dan hubungan interpersonal, teknik koselingAbstrak
Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk menguji efek intervensi pemaafan dengan teknik konseling pada anak-anak yang terluka dalam hubungan interpersonal. Desain eksperimen menggunakan pretes dan postes dengan jumlah subjek 6 orang anak sekolah. Hasil penelitian menunjukkanada perbedaan signifikan kemampuan interpersonal anak sebelum dan sesudah diberikan perilakuan. Intervensi pemaafan dengan teknik konseling dapat meningkatkan kemampauan anak dalam hubungan interpersonal. Hubungan interpersonal yang tinggi ditandai dengan kedekatan, membuka diri memulai komunikasi, dukungan emosional, persetujuan untuk saling terbuka dalam komunikasi, dan kepuasan.Referensi
Ahmed, A. & Braithwaite, J (2005).Forgiveness, shaming, shame and bullying.The Australian and New Zealand Journal of Criminology. 38 (3) 298-323
Azwar, S. (2004) Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Azwar. S. (2012) Penyusunan skala psikologi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Dirjen Paudni. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang standar pendidikan anak usia dini. Kementrian Pendidikan Nasional : Jakarta
Day, A., Gerace, A., Wilson, C., & Howells, K. (2008). Promoting forgiveness in violent offenders : a more postive approach to offender rehabilitation ?. Aggression and Violent Behavior. (13) 195-200.
Flanagan, K. S., Hoek, K. K. V., Ranter, J. M., & Reich, H. A. (2012). The potential of forgiveness as a response for coping with negative peer experience. Journal of Adolecence. (35) 1215-1223.
Griffin, R. S., & Gross, A. M. (2004). Chilhood bullying: current empirical findings and future directions for researh. Aggression and Violent Behavior. (9) 379-400.
Hamidi, F., Makwand, Z. A., & Hosseini, Z. M. (2010). Couple therapy: forgiveness as an Islamic approach in counselling. Procedia Social and Behavioral Sciences. (5) 1525-1530.
Hui, E.K.P & Chau, T. S. (2009). Te impact of a forgiveness with Hongkong Chinese children hurt in interpersonal relationship. British Journal of Guidance and Counselling. 37 (2) 141-156.
Kenny, R., Dooley, & Fitzgerald. A. (2013). Interpersonal relationship and emotonal distress in adolescent. Journal of Adolescent. 351-360.
Levenson, M. R., Aldwin, C. M., & Yacura, L., (2006). Positive emotional change: mediating effects of forgiveness and spirituality. 2 (6) 498-508.
Lin, W. N., Enright, R. & Klatt, J. (2011). Forgiveness as character education for children and adolecents. Journal of Moral Education . 40 (2) 237-253.
Leeper, S. H., Skipper, D. S., & Witherspoon, R. L., (1979). Good schools for young children. Fourth edition. Mcmillan Publishing Co., Inc : USA.
Myers, A. & Hansen, C. H. (2001). Experimental Psychology. Wadsworth: USA.
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman R. D. (2010). Human development. Terjemahan. Kencana : Jakarta.
Santrock, J. W., (2002). Life span development.Terjemahan.Edisi kelima.Jilid 1.Erlangga : Jakarta.
Santoso, S. Kupas tuntas riset eksperimen dengan excel dan minitab 15. Elex media komputindo : Jakarta.
Snyder, C. R., & Lopez, S. J. (2005).Handbook of positive psychology. Oxford University Press, Inc. : New York.